Materi Tema 6 subtema 2 pembelajaran 3 kelas 3 SD

SBdp*

Dinamika dalam tari adalah Naik turunnya
 suasana tarian menentukan wujud struktur tarian. ... Cepat lambatnya sebuah gerakan (tempo), cepat lambatnya atau tebal tipisnya iringan, juga kontras atau harmoninya antara gerakan dan iringan termasuk dinamika.

Dinamika adalah segala perubahan di dalam tari karena adanya variasi-variasi di dalam tari tersebut dinamika di dalam tari memberikan kesan bahwa tari itu menarik tidak membosankan dan tidak monoton.

Gerak tari bertenaga kuat maksudnya tari tarian yang berekspresi penuh atau tarian yg bersemangat atau energic. sedangkan gerak tari bertenaga lemah seperti gerakan tari yang lemah gemulai,secara halus dari gerakan 1 ke yang lainnya.

*Matematika*
Membaca Jam (secara bulat)
· Pertama yang harus dilakukan guru yaitu memperkenalkan alat pengukur waktu yang disebut jam, bisa dengan jam digital atau juga jam analog
· Memperkenalkan jam digital guru harus membawa media berupa jam digital dan dengan menjelaskan seperti berikut :
08 : 00
angka dibagian kiri menunjukkan
menit
angka dibagian
kanan menunjukkan pukul
Pada jam digital diatas waktu atau pukul langsung ditunjukkan dengan angka yang muncul jadi dapat langsung dibaca menurut angka yang muncul dan sebelah kanan menunjukkan pukul dan sebalah kiri menunjukkan menit. Jadi jam diatas menunjukkan pukul 08.00 .
· Dalam memperkenalkan dan menjelaskan materi ini guru diharapkan menggunakan media jam analog agar siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan.
· Memperkenalkan jam analog dapat dijelaskan dengan langkah-langkah.

Misalkan sekarang pukul 10.00.
Satu setengah jam = 1 jam + 30 menit. Satu setengah jam yang lalu pukul (10.00 – 01.30) atau pukul 08.30. Jadi, tomi diberi tahu ayahnya pukul 08.30.
Tiga perempat jam = ¾ × 60 menit = 45 menit. Tiga perempat jam yang akan datang pukul (10.00 + 00.45) atau pukul 10.45. jadi, aldi benar saat mengatakan bahwa tomi akan berangkat pada pukul 10.45.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar