Materi tema 6 subtema 1 pembelajaran 6

Hak Dan Kewajiban Sebagai anggota keluarga




1.anggota keluarga
 -saling menghormati maka ia akan dihormati juga
 -saling menyayangi maka ia akan disayang juga
 -mungkin untuk anak kewajibannya adalah belajar dan ia akan mendapat izin untuk bermain
 -saling menghargai dan kamu juga akan dihargai
 -saling membantu maka kamu jika dlm kesulitan akan dibantu juga

Anak adalah amanah yang Allah SWT berikan kepada orang tua. Tidak setiap pasangan suami istri di karuniai anak, maka beruntung lah bagi anda para orang tua yang di karuniai seorang anak. Lalu bagaimana cara kita menjaga amanah tersebut? Sudahkah cara kita menjaga amanah itu dalam zona yang benar ?
Hal tersebut tak cukup diucapkan dengan kata namun kita harus paham terlebih dahulu apa itu amanah, sehingga kita tidak salah dalam mempraktekannya.  Amanah diartikan sebagai mandat atau tanggung jawab yang  dititipkan kepada seseorang  untuk dijalaninya dengan rasa tanggung jawab.Menunaikan hak Allah adalah amanah. Apapun yang di berikan Allah SWT adalah amanah.
Dari ummul mukminin, Aisyah ra. Bahwa Rasulullah saw bersabda:“Barang siapa yang mentarbiyah (mendidik) anak kecil sehingga mengucpkan ‘La ilaaha illal-Laah’, maka Allah tidak akan menghisabnya” (HR. thabrani dari Asyah ra)
Orang tua terlebih dahulu seharusnya sadar  bahwa anak adalah amanah, sehingga ia bisa menghayati nilai keislaman dalam kehidupan rumah tangganya, dan mendidik anaknya dengan benih-benih keislaman. Karena seorang anak memiliki hak-hak yang harus dipenuhi dan orang tua memiliki kewajiban yang harus diunaikan. Rasululloh SAW. bersabda , “ Diantara hak anak atas orang tua adalah memperbaiki adabnya dan memberinya nama yang baik.” ( Al Hadits). Namun jika orang tua gagal dalam menerapkan nilai-nilai islam dan kerukunan rumah tangga,akan sukar bagi mereka mengajarkan anak untuk mengikuti aturan islam.
Mendidik anak tidak bisa hanya dengan mengandalkan naluri tetapi harus dipelajari. Karena naluri hanya akan mengedepankan apa yang kita pikirkan dan rasakan. Sebagai orang tua harus cerdas dalam mendidik anak, salah mendidik sama dengan menanam benih yang buruk, artinya kita akan memanen buah yang buruk pula kualitasnya di hari perhitungan nanti.
*MATEMATIKA*
Satuan Waktu – Tahun, Bulan, Hari, Jam, Menit, Detik.
– Di dalam matematika untuk dapat mengukur sesuatu harus dinyatakan dalam ukuran satuan, sementara itu ada banyak sekali macam satuan yang ada, salah satunya adalah satuan waktu . Di dalam pengukuran satuan waktu ada beberapa alat yang digunakan untuk mengukurnya, salah satu alat yang digunakan adalah stopwatch, merupakan alat pengukur waktu hingga ketelitian milidetik.
Selain menggunakan stopwatch, pengukur waktu yang biasa dipergunakan di dalam kehidupan sehari – hari adalah jam, mulai dari jam dinding, jam tangan hingga yang paling modern adalah jam yang ada di smartphone kamu.
Di dalam jam analog yang menunjukkan jam dengan menggunakan angka, batas angkanya adalah 12 padahal sebenarnya dalam satu hari terdapat 24 jam.
Alat ukur lainnya yang biasa digunakan adalah kalender atau penanggalan dalam satu tahun yang tak hanya menunjukkan hari, bulan dan tahun namun di dalam kalender juga memuat hari hari penting yang ada di dalam satu tahun. Jika ada yang bertanya pada kamu, 1 tahun ada berapa bulan? Maka tak perlu bingung menjawab ya, karena 1 tahun ada 12 bulan. Lalu jika ada yang bertanya 1 tahun ada berapa hari? Atau 1 tahun ada berapa minggu?
Tak usah bingung untuk menjawabnya, karena kali ini kita akan membahas mengenai satuan waktu mulai dari tahun, hari, jam, menit hingga detik.
1 Tahun Ada Berapa Minggu?
Jika di dalam 1 tahun ada 12 bulan, 1 bulan ada 4 minggu dan di dalam 1 bulan ada 30 hari,  maka jika diberi pertanyaan 1 tahun ada berapa minggu, kamu bisa menghitungnya dengan mudah yakni dengan cara 12 bulan x 4 minggu sehingga hasilnya adalah 48 minggu.
Banyak sekali yang mengasumsikan jika 1 tahun ada 48 minggu sesuai dengan hitungan normalnya, akan tetapi jika dilihat lagi perhitungan tersebut juga tak bisa dianggap benar kan, sebab di dalam satu tahun tidak selalu ada 365 hari karena di tahun kabisat contohnya 1 tahun ada 366 hari. Begitu pulan dalam 1 bulan tidak tepa juga jika disebut dengan 4 minggu karena yang benar adalah di dalam 1 bulan ada 4 minggu lebih 2 hari atau 3 hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar