Tema 6 subtema 3 pembelajaran 2 kelas 3 sd

Bahasa Indonesia*

Contoh kosakata berhubungan dengan
energi :

tenaga, kekuatan, kemampuan, kehebatan, keahlian, daya, semangat, vitalitas, dorongan, gaya, stamina, upaya, gairah, intensitas

Pembahasan
Definisi Kosakata

Kosakata dalam bahasa Inggris adalah vocabulary merupakan himpunan dari kata yang dimiliki oleh suatu entitas, atau merupakan bagian dari suatu bahasa tertentu. Kosakata disusun sedemikian rupa menjadi beberapa susunan kata yang akan menjadi sebuah kalimat yang dapat dimngerti oleh orang lain. Tingkat ilmu pengetahuan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan gambaran dari intelejensia atau tingkat pendidikannya. Karenanya banyak ujian standar, seperti SAT, yang memberikan pertanyaan dalam menguji kosakata.


Definisi Energi

Energi adalah kemampuan untuk melakukan sebuah pekerjaan misalnya untuk energi listrik dan mekanika. Daya(kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan, misalnya bagian suatu bahan atau tidak terikat pada bahan seperti sinar matahari dan tenaga. Dalam ilmu fisikika, energi dapat didefinisikan sebagai atom. Atom adalah energi yang diperoleh dengan peleburan nuklir. Sejumlah energi yang terkandung dalam cadangan tubuh atau dalam hasil produksi, misalnya lemak badan, protein tubuh, air susu, telur, wol, atau tenaga. Energi Geotermal atau Geo panas yang terdapat di dalam bumi yang digunakan sebagai pembangkit tenaga. Inti fisik energi yang dilepaskan oleh pembelahan inti atau paduan inti.  Kinetik fisik energi yang disebabkan oleh gerak suatu massa, tenaga gerak. Energi yang terkandung dalam bahan makanan yang dapat dimanfaatkan oleh binatang. Matahari sumber utama energi atmosfer yang penyebarannya di seluruh muka bumi merupakan pengendalian yang besar terhadap cuaca dari iklim, selain berpengaruh terhadap tanaman dan binatang. Mekanis energi adalah kekuatan yang mampu menggerakkan atau memindahkan bagian-bagian rangkaian peralatan. Dalam metabolisme jumlah energi yang didapat dari bahan makanan dan digunakan untuk metabolisme. Tenaga Nuklir yang dikaitkan dengan reaksi nuklir,   potensial energi yang ada pada suatu benda karena letak benda itu dalam medan gaya. Tenaga yang ditimbulkan dengan pemutaran sesuatu. Tenaga yang ditimbulkan dengan penekanan sesuatu. (Definisi kosakata "energi" menurut KBBI)

*PKN*
Contoh hak dalam menggunakan energi adalah mendapatkan kemudahan dalam melakukan inovasi energi alternatif, dan contoh kewajiban dalam menggunakan energi adalah memastikan penggunaan energi berlangsung secara efektif dan efisien.

Pembahasan
           Setiap jenis kerja yang dilakukan pasti menggunakan energi, baik energi matahari, energi listrik, energi makanan, dsb, oleh sebab itu, maka dalam penggunaan energi harus diperhatikan agar menjamin keberlangsungan hidup manusia dikemudian hari.


Contoh Hak dalam menggunakan energi :

Mendapat kebebasan dalam menggunakan energi.
Terpenuhinya kebutuhan akan berbagai jenis energi.
Mendapat kemudahan dalam melakukan inovasi energi alternatif.
Mendapatkan tarif untuk membayar energi secara wajar.
Terhindar dari kelangkaan energi.
Contoh Kewajiban dalam menggunakan energi :

Menggunakan energi secara bijaksana.
Berinovasi dalam menciptakan energi-energi alternatif lainnya.
Memastikan penggunaan energi secara efisien dan efektif.
Tidak berlebihan dalam menggunakan peralatan yang memerlukan energi.
Menghemat penggunaan energi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar