Bahan Ajar Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 3 dan 4 Kelas 4 SD

 Hari/Tanggal        : Rabu , 29 September 2021

 Tema                    : 4 (Jenis-Jenis Pekerjaan )

Subtema               : 1 (Berbagai Pekerjaan)

Pembelajaran        : 3 dan 4

Alat Peraga           : Gambar dan Vidio 


Kompetensi Dasar : BI:3.5 dan 4.5  IPA.3.8 dan 4.8 PPKN 3.1 dan 4.1 

Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik mampu menemukan sisfat -sifat tokoh dan membandingkannya dengan detail

2. Peserta didik mampu membuat rencana kegiatan untuk menjaga kelestarian SDM diskitar mereka

3. Peserta didik mampu menulis refleksi tentanag pengalaman diri melaksanakan sila pertama pancasila dengan jujur

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪


 

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak 

Bahasa Indonesia: Materi bahasa indonesia dapat kalian lihat vidio di bawah ini !

                                        👉https://www.youtube.com/watch?v=qzVurfhoHog

IPA :

1.      Tiga cara yang dapat dilakukan sebagai upaya pelestarian SDA
a.       Penghematan, adalah pemanfaatan sumber daya alam sesuai dengan kebutuhan.
b.      Perlindungan, adalah upaya pelindungan SDA agar tetap lestari dan tidak mengalami kepunahan.
c.       Pemeliharaan, adalah memelihara SDA yang ada agar lestari sehingga dapat digunakan hingga generasi mendatang.
2.      Upaya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian SDA yang dapat dilaksanakan di lingkungan rumah sebagai berikut.
a.       Menghemat penggunaan air
b.      Menghemat penggunaan listrik
c.       Menghemat penggunaan bahan bakar
d.      Menghemat kertas dan mendaur ulang kertas bekas
e.       Menggurangi penggunaan kantong plastik
f.       Mengurangi jumlah produksi sampah
g.      Memisahkan sampah sebelum di buang di tempat sampah
h.      Menggunakan bahan kimia di rumah tangga seperlunya.
3.      Upaya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian SDA yang dapat dilaksanakan di lingkungan masyarakat sebagai berikut :
a.       Melakukan penghijauan di lingkungan sekitar.
b.      Melakukan reboisasi hutan gundul.
c.       Melakukan reklamasi di lokasi bekas tambang.
4.      Manfaat tananaman bakau
a.       Melindungi pantai dari erosi dan abrasi.
b.      Menahan rembesan air laut ke darat.
c.       Sebagai perangkap zat-zat pencemar dan limbah industri.
d.      Menciptakan udara pesisir yang bersih dan segar
e.       Menjadi habitat alami berbagai biota darat dan laut
f.       Mengurangi dampak bencana akibat gelombang laut, seperti badai dan gelombang pasang
5.      Cara merawat SDA yang ada dilingkungan sekitar
a.       Sungai
·         tidak membuang sampah/limbah ke sungai dan menjaga kebersihan sungai
·         tidak mandi, buang air kecil/besar di sungai
·         tidak mencuci baju di sungai
·         membuat daerah resapan di pinggir sungai
·         tidak mendirikan bangunan di pinggir sungai
·         mananam bambu/tanaman keras dipinggir sungai untuk mencegah erosi
·         tidak melakukan penambangan pasir
b.      Pantai
·         tidak membuang sampah/limbah di pantai
·         membersihkan pantai
·         tidak menangkap ikan dengan peledak
·         menanami tanaman bakau di pinggir pantai
·         tidak melakukan penambangan pasir
6.      Teknologi memberikan manfaat besar mengelola SDA. Teknologi yang digunakan terdiri atas teknologi sederhana dan teknologi modern.
7.      Penggunaan teknologi juga menimbulkan dampak negatif. Misalnya pengambilan ikan tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, encemaran dari tumpahan bahan bakar kapal.
8.      Teknologi ramah lingkungan adalah teknologi yang diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia, tetapi tidak meninmbulkan dapak negatif bagi lingkungan alam.
9.      Sikap yang mencerminkan menghargai sumber daya alam :
 No
Contoh Sikap
Penjelasan
1
Mengambil nasi secukupnya
Apabila kita mengambil nasi berlebihan ketika makan, maka saat kenyang nasi tersebut terbuang sia-sia.
2
Memisahkan sampah organik dan anorganik
Sampah organik dapat dijadikan pupuk dan sampah anorganik dapat didaur ulang sehingga tidak mencemari lingkungan sumber daya alam
3
Merawat tanaman di lingkungan sekitar
Menjaga keseimbangan dan kelestarian tumbuhan
4
Menghemat pensil
Menjaga kelestarian granit, tanah liat, dan pohon
5
Memanfaatkan barang-barang bekas
Dapat mendatangkan uang, juga dapat menjaga lingkungan dari pencemaran yang  berdampak buruk bagi kehidupan
10.  Sumber Daya Alam  Hutan
a.       Manfaat hutan
1.      penghasil kayu
2.      sumber makanan
3.      sebagai paru-paru dunia
4.      mencegah banjir dan longsor
5.      sumber air bersih
6.      rumah bagi hewan
b.      Dampak hutan yang gundul
persediaan oksigen menipis yang menyebabkan pemanasan global
persediaan air bersih berkurang
sulit mencari sumber makanan
rusaknya habitat hewan
tumbuhan dan hewan akan punah
terjadi bencana longsor dan banjir
c.       Cara melestarikan hutan
melakukan tebang pilih
reboisasi (penanaman hutan yang gundul)
menetapkan hutan sebagai taman nasional,  cagar alam (tempat pelestarian tanaman langka)
melakukan penghematan untuk penggunaan benda yang berasal kayu
11.  Limbah merupakan sisa/buangan yang dihasilkan baik dari proses produksi maupun kegiatan rumah tangga. Limbah terbagi menjadi limbah padat dan limbah cair. Limbah padat yaitu plastik, botol, kaleng, kain, kaca, dan potongan kayu. Limbah cair yaitu air bekas cucian pakaian, air bekas mencuci beras, dan limbah cair pabrik
12.  Secara umum penanganan sampah dilakukan dengan prinsip 5R yaitu reduce, reuse, recyle, replace, dan repair.
a.       Reduce adalah mengurangi penggunaan barang-barang yang menghasilkan sampah.
b.      Reuse adalah memakai kembali barang-barang yang telah digunakan.
c.       Recycle adalah mendaur ulang kembali barang-barang yan telah digunakan.
d.      Replace adalah mengganti barang sekali pakai dengan barang yang dapat dipakai berkali-kali atau tahan lama.
e.       Repair adalah memperbaiki barang-barang rusak agar dapat digunakan kembali.
16.  Pemanfaatan barang bekas :
No
Barang Bekas
Pemanfaatan
SDA yang terbantu penghematannya
1
Onderdil sepeda dan sepeda motor
robot-robotan
biji besi
2
Botol plastik
kerajinan
minyak bumi sebagai sumber energi pabrik plastik
3
perahu yang rusak
hiasan, gantungan kunci, mainan
kayu

  PPKN :

1.      Pedoman bangsa Indonesia dikenal dengan istilah dasar negara yaitu Pancasila.
2.      Sila-sila Pancasila dengan simbolnya
Sila ke
Bunyi Sila
Simbol
1
Ketuhanan yang Maha Esa
Bintang
2
Kemanusiaan yang adil dan beradap
Rantai
3
Persatuan Indonesia
Pohon beringin
4
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Kepala Banteng
5
Keadilan sosial bagi Indonesia
Padi dan Kapas
3.      Sila Pertama Pancasila
A.  Makna lambang sila pertama
 Bintang diartikan cahaya kerohanian
 Warna hitam diartikan sebagai warna alam yang menunjuk pada Tuhan
B.Contoh penerapan sila pertama Pancasila dalam kehidupan sehari-hari:
a.       Memeluk salah satu agama yang diyakini kebenarannya.
b.      Tidak memaksakan agama kepada orang lain.
c.       Menghormati orang yang sedang beribadah
d.      Melestarikan lingkungan alam sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
e.    Taat pada aturan agama
C. Nilai yang terkandung dalam sila pertama Pancasila adalah Kepercayaan dan ketakwaan kepada Tuhan.

     Tugas !
     Sila pertama pancasila mengajarkan pemeluk agama harus taat aturan agamanya. Setiap agama mengajarkan pemeluknya berbuat jujur. Setiap orang harus jujur baik dalam berkerja, berkata, maupun melakukan tindakan.
      Bagaimana denganmu, Apakah kamu sudah jujur ?
Tugasmu ceritakan kejujuranmu tetang pelaksanaan ibadah, pelaksanaan tugas yang dikerjakan mandiri atau dengan bantuan, mengerjakan ulangan dengan mencontek atau tidak ? Kirim menggunakan video

10 komentar: