Bahan Ajar Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 dan 6 Kelas 4 SD

 Tema 2                : Selalu Berhemat Energi

Sub Tema 3        : Energi Alternatif

Pembelajaran    : 5 Dan 6

Kelas                  : 4 D

Hari/Tanggal     : Kamis, 2 September 2021  


Tujuan Pembelajaran : 

1. Menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk  kesejahteraan masyarakat

2. Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu.

3. Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks    visual.



Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Mudah-mudahan kalian semua dalam keadaan sehat.

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah anak-anak kemarin kalian sudah belajar tentang kalimat petunjuk, energi alternatif dari bahan alam sekitar sekarang kita lanjukan materinya, namun sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪 

Baiklah anak-anak kita awali pembelajaran hari ini dengan membaca Bismillahirrohmanirrohim.

 

IPS

Indikator                              :

3.2.2 Menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk  kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

4.2.2 Mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untukKesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.

 






 

Mata Pelajaran : SBDP

Indikator                             :

3.3.2 Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu.

4.3.2 Menanam Jagung Menyanyikan notasi lagu Menanam jagung sesuai dengan

        tinggi rendah nada.

Arti tanda tempo dan macam - macam tanda tempo adalah ?

=> Tanda tempo adalah tanda yang digunakan dan berfungsi untuk menunjukkan cepat/lambatnya lagu yang dinyanyikan.

=> Macam Tanda Tempo :

1. Allegro : Cepat                                  

2. Allegratto : Agak Cepat

3. Presto : Cepat Sekali

4. Moderato : Sedang Agak Cepat

5. Vivace : Lebih Cepat

6. Adagio : Lambat

7. Largo : Lambat Sekali

8. Andante : Sedang

9. Lento : Lebih Lambat

10. Grave : Sangat Lambat


B. Indonesia

Indikator                             :

3.1.1 Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks    visual.

4.1.1 Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks    visual.

 

Protein yang terkandung di dalam tempe ternyata lebih tinggi dibanding tahu.Menurut penelitian, tempe mengandung ladar protein sebesar 15,4 gram, sedangkan tahu hanya 10 gram saja. Hal itu disebabkan karena proses pembuatan tempe lebih sedikit dibanding dengan tahu. Proses pembuatan tempe hanya dilakukan dengan cara mencampurkan biji kedelai dengan ragi lalu disimpan selama beberapa hari. Sementara itu, proses pembuatan tahu terbilang panjang karena kacang kedelai harus direbus terlebih dahulu, lalu kemudian digiling dan diambil saripatinya. Saripati tersebut lalu dicampur biang dan disimpan selama beberapa hari. Itu sebabnya, kadar protein dalam tahu menjadi lebih kecil dibanding dengan tempe.

Kalimat yang dicetak miring: kalimat utama. Kalimat yang tidak dicetak miring: kalimat penjelas. Kata kunci: protein, tahu, dalam, tempe, lebih, dan dibanding.

 

 

PPKN

Indikator:

Contoh hak dalam kehidupan sehari-hari :

1. Lingkungan sekolah

Hak

a. berhak mendapatkan pendidikan yang layak.

b. menggunakan fasilitas sekolah dengan baik dan benar.

c. mendapatkan perlindungan dan keadilan dari pihak sekolah.

d. mendapatkan apresiasi dari sekolah jika berprestasi.

 

Kewajiban

a. membayar uang sekolah dan uang administrasi.

b. merawat fasilitas sekolah.

c. menjaga kedamaian dan ketentraman sekolah.

Lingkungan masyarakat.

 

Hak dalam masyarakat

a. mendapatkan perlindungan dan perdamaian.

b. menggunakan fasilitas umum dengan baik.

 

Kewajiban

a. Menaati peraturan yang berlaku.

b. Menjaga ketentraman dan kedamaian di lingkungan masyarakat.

 

Lingkungan keluarga

Hak

a. mendapatkan perlakuan secara adil dan memenuhi kebutuhan dari orang tua bagi anak.

 

Kewajiban

a. menghormati yang lebih tua dan menyayangi adik.

b. membantu orang tua.

 

Lingkungan negara

Hak

a. Berhak mendapatkan perlakuan yang adil dan sama.

b. Mendapatkan jaminan kesejahteraan, perlindungan dan ketentraman dari negara.

c. Mendapatkan kebebasan menjalankan dan menentukan nasibnya sendiri dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Kewajiban

a. Membayar pajak

b. Menjaga ketentraman negara.

c. Berkontribusi dalam membela negara.

Penjelasan lebih lanjut :

Hak merupakan suatu yang wajib didapatkan dari setiap individu yang menjalankan kewajibannya.

 

Latihan soal :

1. Sebutkan Kewajiban apa yang sudah kamu lakukan terhadap lingkungan !

2. Sebutkan hak yang kamu peroleh setelah merawat lingkungan !

jawabannya, bu guru tunggu sampai  pukul 13.00, Selamat mengerjakan :)

13 komentar: