Hari/Tanggal : Kamis, 23 September 2021
Tema : 3 ( Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumah )
Subtema : 3 (Ayo Cintai Lingkungan )
Pembelajaran : 5 dan 6
Alat Peraga : Gambar
Kompetensi Dasar : SBDP 3.4 dan 4.4, IPS 3.1 dan 4.1, B.Ind 3.3 dan 4.3, PKN 3.2 dan 4.2
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu menjelaskan cara mengapresiasi karya seni montase dengan runtut
2.Peserta didik mampu menjelaskan informasi pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam
3. Peserta didik mampu menjelaskan cara menyajikan laporan hasil wawancara secara lisan dengan rasa percaya diri yang tinggi.
4.Peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap dalam melestarikan lingkungan sebagai bentuk kewajiban warga negara dengan benar.
Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini?
Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin ya rabbal alamin
Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪
Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak
Literasi
*SBDP*
Apakah yang di maksud apresiasi seni?
apresiasi seni merupakan penilaian terhadap karya seni,dimulai dari penilaian,pengenalan dan penghargaan makna atau pesan moral yang terkandungdalam karya seni.
Montase adalah karya seni yang dibuat dengan cara menggabungkan potongan-potongan gambar ke dalam satu tema montase.Apresiasi terhadap hasil karya seni montase harus dilakukan dengan jujur dan terbuka agar nantinya karya montase yang di buat lebih baik lagi.contoh apresiasi terhadap hasil karya seni montase berikut:
IPS
Sumber daya alam meliputi komponen biotik seperti hewan,tumbuhan dan mikroorganisme.Sedangkan komponen abiotik seperti minyak bumi,gas alam,air,tanah dan cahaya matahari.kedua komponen tersebut saling ketergantungan satu sama lain sehingga harus dijaga keseimbangannya.
berikut beberapa upaya menjaga keseimbangan pelestarian sumber daya alam :
1. Melakukan reboisasi
2.Menjaga kelestarian hutan
3.Melindungi satwa langka
4. Melakukan daur ulang
5. Pengelolaan air limbah
B.Indonesia
Setelah kamu menyimak wawancara dari seorang nara sumber hendaknya dapat menjelaskan hasil laporan dari wawancara tersebut, Adapun langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan
a. Kosentrasi saat kegiatan wawancara berlangsung
b. Dengarkan pembicaraan sepenuhnya
c. Catat garis besar isinya dan olah dengan baik agar di ketahui garis besar isinya
d.Tulis garis besar isi menjadi pokok-pokok informasi wawancara
e. Susunlah menjadi kalimat efektif dan jelas
PKN
Apakah arti penting menjaga kelestarian lingkungan hidup itu?
Pentingnya menjaga lingkungan wajib harus kita tanamkan sejak dini.Penebangan hutan secara liar/
pembakaran hutan,Polusi air dari limbah industri dan pertambangan,polusi udara di daerah perkotaan dan masalah mengenai rusaknya lingkungan sudah banyak terjadi di Indonesia.maka dari itu kita semua harus menjaga kelestarian lingkungan,karena lingkungan berpengaruh besar dalam kehidupan kita.
hidup kita akan sehat jika lingkungan kita seimbang.Jika lingkungan kita rusak akan mempengaruhi hidup kita, pikiran kita dan juga kesehatan kita.
Tugas :
Sebutkan 3 tindakan untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam
melalui voicenote !
Pengumpulan Tugas dikirimkan ke WhatsApp Bu guru
Ditunggu sampai pukul 13.00 WIB ya nak...!
Selamat Mengerjakan dan Terimakasih
Aisha putri fedric kls 4a hadir bu al azhar 2
BalasHapusAssalaamualaikum
BalasHapusAisha Rida Assyifa
Hadir bu
Annisa Nur Azizah
BalasHapusAhmad gibran bilfakih hadir bu kelas 4A
BalasHapusAssalamu'alaikum
BalasHapusAzril Kautsar Al Ghifary
Hadir
Keane zahier gutama
BalasHapus4A
Al azhar 2
Hadir
Raul Nurwahid
BalasHapusHadir
Assalamualaikum
BalasHapusAnnisa Nur Ramadhan
Hadir