Hari/Tanggal : Selasa, 21 September 2021
Tema : 3 ( Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumah )
Subtema : 3 (Ayo Cintai Lingkungan )
Pembelajaran : 1 dan 2
Alat Peraga : Gambar
Kompetensi Dasar : BI : 3.3 dan 4.3 IPS: 3.1 dan 4.3 IPA: 3.8 dan 4.8 PPKN:3.2 dan 4.2 SBDP: 3.4 dan 4.4
Tujuan Pembelajaran :
1. Menggunakan daftar pertanyaan siswa mampu menggali informasi melalui kegiatan wawancara dengan tepat.
2. Dengan observasi lingkungan siswa mampi mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat.
3.Peserta didik mampu mengetahui informasi pemanfaatan sumber daya alam.
4. Setelah diberikan masalah siswa mampu menganalisis hak dan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan dengan terprinci.
5. Setelah mengamati montase, siswa mampu menjelaskan tehnik membuat montase dengan benar
Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin
Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪
Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak
Bahasa Indonesia
Pada tema sebelumnya kamu sudah mempelajari tentang cara membuat laporan hasil wawancara. Sekarang kamu akan mempelajari tentang presentasi wawancara.
Presentasi adalah penyajian atau penyampaian karya tulis atau karya ilmiah seseorang di depan forum undangan. Presentasi merupakan salah satu bagian dari berbicara di depan umum. Orang yang menyampaikan presentasi disebut presentator atau presenter, sedangkan orang yang menghadiri presentasi disebut audience.
Seorang presentator yang baik bukan hanya mampu berbicara dengan baik atau lancar di depan umum, tetapi juga harus menguasai materi yang disampaikan.
Berikut langkah-langkah presentasi laporan hasil wawancara:
1. Menyajikan laporan hasil wawancara secara lisan, seperti masalah yang teliti,orang yang diwawancarai, waktu mengadakan wawancara, tempat wawncara berlangsung dan lain sebagainya.
2. Menjelaskan proses wawancara dengan kalimat yang dipahami.
3. Peserta (audience) mengajukan pertanyaan kepada presentator
4. Presentator memberikan jawaban dan tanggapan terhadap pertanyaan yang diajukan.
5. Presentasi dipandu oleh moderator.
Contoh wawancara dapat kalian klik ling dibawah ini !
https://www.youtube.com/watch?v=V4T-K0vcFK8
IPA
Mencintai lingkungan adalah cara kita untuk ikut serta menjaga kelestarian lingkungan.
Mencintai lingkungan dapat dilakukan dengan cara sederhana, seperti:
§ Membuang sampah pada tempatnya.
§ Menghemat penggunaan kertas.
§ Merawat tumbuhan dan hewan yang ada di rumah.
§ Menjaga tumbuhan dan hewan di manapun kita berada, seperti: tidak memetik daun, bunga, bakal buah, tanpa tujuan.
§ Dsb.
Dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut dalam keseharian, tentunya lingkungan akan terawatt dan terjaga kelestariannya.
IPS
Kita wajib mencintai dan merawat tumbuhan, hewan, dan lingkungan di manapun kita berada.
Perilaku peduli lingkungan merupakan wujud rasa syukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa yang telah menganugerahkan lingkungan beserta isinya bagi kesejahteraan manusia.
Perilaku peduli lingkungan juga merupakan wujud sikap kita sebagai manusia yang beradab dan menjadikan kita teladan bagi lingkungan.
ayam yang dirawat akan menghasilkan telur dan daging di olah menjadi bahan makanan
PPKN
Hak dan Kewajiban terhadap lingkungan
Lingkungan adalah kombinasi antara fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam, seperti tanah, air, energi, mineral, dan flora serta fauna yangtumbuh di atas tanh maupun di lautan.
Beberapa kewajiban terhadap lingkungan adalah sebagai berikut:
membuang sampah pada tempatnya
Melakukan reboisasi dan penghijauan
menggunakan kendaraan ramah lingkungan
menggunakan enrgi alternatif
beberapa contoh haak kita terhadap lingkungan adalah sebagai berikut:
menikmati lingkungan yang bersih
memperoleh air bersih
bebas dari pencemaran lingkungan
memperoleh lahan untuk tempat mendirikan berbagai prasarana
SBDP
Montase adalah susunan gambar yang diambil dari beberapa sumber yang digabungkan jadi satu gambar ilustrasi. contoh montase adalah gambar rumah dari majalah kemudian dipotong yang diambil hanya gambar rumahnya saja kemudian ditempel pada permukaan alas gambar.
cara membuat montase: manfaatkan gambar dari koran bekas, majalah bekas, kalender bekas atau dari sumber lain yang bisa dimanfaatkan gambarnya. siapkan peralatan yang akan digunakan, seperti gunting, lem kertas atau spidol.
gunting gambar-gambar yang akan dirangkai menjadi satu, potong gambar-gambar tersebut serapi mungkin.
tempelkan Gambar-gambar tyang telah dipotong menjadi satu kesatuan pada kertas hvs atau kertas karton.
karya seni montase dengan tema lingkungan hidup
Tugas :
Lakukan wawancar dengan topik cinta lingkungan dalam bentuk vidio!
M.favio pracanda 4a hadir
BalasHapusAnnisa Nur Azizah
BalasHapusHadir
Kareninna m ayudya hadir bu
BalasHapusM. Putra Wahana Ramadhan kelas 4A hadir
BalasHapusHarsya Alifia Azzahra
BalasHapusHadir
Annisa Nur Ramadhan
BalasHapushadir
Aisha putri fedric kls 4a hafir bu al azhar 2
BalasHapusAzril Kautsar Al Ghifary
BalasHapusHadir
Ahmad gibran bilfakih hadir bu
BalasHapus