Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengidentifikasi kata, siswa dapat menjelaskan makna yang ada
pada kosakata yang berkaitan dengan keadaan cuaca secara tepat.
2. Dengan kegiatan menulis kesimpulan, siswa dapat menyusun informasi
tulis berkaitan dengan keadaan cuaca, secara terstruktur.
3. Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat memberi contoh sikap bersatu dalam
keberagaman dengan benar.
4. Dengan kegiatan mendata makanan khas daerah masing-masing, siswa
dapat membuat daftar dari sikap bersatu dalam keberagaman dengan baik.
5. Dengan kegiatan olahraga, siswa dapat mempraktikkan gerak kombinasi
bertumpu dan keseimbangan dalam aktivitas senam lantai, secara benar.
Bahasa Indonesia
Materi Tentang Kalimat Efektif
Kalimat yang sesuai dengan kaidah tata bahasa, baik itu ejaan maupun tanda
bacanya. Selain itu, kalimat efektif juga dapat menyampaikan gagasangagasan
atau ide yang ingin disampaikan oleh penulis, atau pembicara pada
pembaca maupun pendengar. Beberapa ciri kalimat efektif;
1. Memiliki unsur minimal subjek dan predikat.
2. Penggunaan kata tidak boros. Artinya, kata yang bermakna sama tidak
diulang pemakaiannya.
3. Memiliki makan yang jelas (logis).
Contoh:
1. Beni masuk ruang kelas.
2. Udin dan Edo menyapu halaman sekolah.
3. Siti sakit sehingga tidak dapat masuk sekolah.
4. Siswa-siswa berolahraga dengan semangat.
5. Ibu guru menjelaskan pelajaran hari ini dengan baik.
PKn
Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa. Antara daerah satu dan lainya memiliki makanan khas daerah antara lain :
1. Jakarta Makanan khasnya : Nasi uduk, soto betawi, kue cucur dan sebagainya
2. Lampung makanan khasnya : pindang, keripik pisang, seruit, lapis legit
3. Palembang makanan khasnya : tekwan, model, pempek, kemplang dan sebagainya
4. Madura maknan khasnya ; sate madura
5. Medan makanan khasnya : bika ambon
6. Jawa barat makanan khasnya : peyem
7. Padang makanan khasnya : rendang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar