Materi Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 3 SD

*PKN*
Bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar,
Contoh sikap bersatu dalam keberagaman :
* saling mengingatkan dalam                               melaksanakan  ibadah
* ikut memelihara dalam mengambangkan     tradisi dan budaya
* tidak merendahkan adat istiadat orang         lain
Pembahasan
Semboyan bangsa Inonesia ialah Bhinneka Tunggal ika yang diartikan berbeda-beda tetapi tetap satu. Dalam hal ini menyatakan bahwa Indonesia memiliki adat dan budaya yang beragam.  Indonesia terdiri atas pulau-pulau yang dimana bahasa dan tradisinya pun juga berbeda. Oleh sebab itu penting sekali untuk memiliki sikap bersatu dalam keberagam. Harapan dari perbedaan yang ada di Indonesia ialah dapat mempererat hubungan antar masyaraat satu dan lainnya. untuk menjaga persatuan dengan adanya keberagaman yang ada, akan lebih mudah jika bersatu dengan budaya dan tradisi yang ada. Jika masyarakat mampu belajar menghargai dan menghormati tradisi masing-masing, maka tidak akan ada permasalahan yang akan timbul.

*Matematika*
Pembelajaran Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Sama di SD - Penjumlahan pecahan biasa dipelajari siswa di kelas 3 semester 2. Guru dapat membimbing kelompok siswa untuk memperagakan dengan berbagai cara, misalnya menggunakan gambar bangun datar yangdiarsir, garis bilangan, blok pecahan, atau kertas yang dilipat. Peragaan ini sangat penting bagi siswa untuk mengkongkretkan hasil penjumlahan yang didapat. Setelah siswa memperoleh pengalaman yang cukup dari peragaan, maka guru dapat memberikan kegiatan yaitu mengisi lembar kerja siswa (LKS) untuk mencari kesimpulan secara umum. Secara garis besar praktek kelompok yang dilakukan di kelas terangkum sebagai berikut.

Materi prasyarat untuk mempelajari penjumlahan pecahan berpenyebut sama ini adalah: pengertian pecahan, peragaan-peragaan konsep pecahan, dan arti penjumlahan (penggabungan dari beberapa bagian).

a. Dengan menggunakan gambar yang diarsir.  

Hasil diperoleh dari melihat gambar
Simpulan yang diharapkan didapat siswa adalah penjumlahan pecahan berpenyebut sama dapat diperoleh hasilnya dengan menjumlah pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar