Materi Pembelajaran Matematika kelas 4 SD Perkalian Pecahan Desimal dan Pembagian Desimal

Selasa, 27 Oktober 2020

Assalamu'alaikum selamat pagi.

Apa kabar ? smga sehat selalu ya ! anak - anak sebelum memulai belajar hendaknya anak - anak berdoa dulu, murojaah, sholat dhuha dan mendengarkan tausiah

Perkalian pecahan desimal diperoleh dengan mengubah pecahan desimal menjadi pecahan biasa.

Cara 1

 

Cara 2

Selain menggunakan cara di atas, perkalian pecahan desimal juga bisa dilakukan dengan cara mengalikan sebagai bilangan bulat dengan membuang koma terlebih dahulu, setelah itu hasil perkalian diberi tanda koma. Letak koma ditentukan oleh jumlah koma pada pecahan pembagi dan yang dibagi. Cara meletakkan koma dihitung ke kanan dimulai dari angka satuan

Atau Perkalian desimal dfapat di kerjakan dengan

Ikuti langkah-langkah ini:

  • Kalikan seperti biasa, abaikan koma desimal.
  • Kemudian letakkan koma desimal pada jawaban yang diperoleh - tempat desimal yang diperoleh akan sama banyak dengan dua bilangan asli yang digabungkan.

Atau, hitunglah berapa banyak angka di belakang koma desimal pada kedua bilangan yang dikalikan, maka jawaban yang diperoleh harus memiliki sebanyak angka itu di belakang koma desimalnya .

 Contoh: 0,03 x 1,1 =


Pembagian Pecahan Desimal

Pembagian pecahan desimal diperoleh dengan cara mengubah pecahan desimal menjadi pecahan biasa.

Cara 1

Cara 2
Selain menggunakan cara di atas, pembagian pecahan desimal juga bisa dilakukan dengan cara membagi sebagai bilangan bulat dengan membuang koma terlebih dahulu, setelah itu hasil pembagian diberi tanda koma. Letak koma ditentukan oleh banyaknya koma pada pecahan pembagi dan yang dibagi. Cara menentukan letak koma yaitu jumlah koma pada bilangan yang dibagi di kurangi jumlah koma pada bilangan pembagi.


Agar lebih paham anak - anak bisa menyimak video dibawah ini !



Nah jika sudah menyimak silahkan anak - anak mencoba mengerjakan latihan dibawah ini ! Boleh menggunakan cara 1 maupun cara 2. hasilnya silahkan dikumpul sampai dengan pukul 5 sore!

SOAL

1. 2,3 x 3,3  = ...

2. 0,6 : 0,15  = ....

Jika anak - anak punya pertanyaan bisa komen dikolom komentar ataupun lewat WA !

tetap semangat, sehat selalu !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar