Materi Pembelajaran Kelas 4 SD Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 4, 5 dan 6

 Materi Kelas IV

Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 4, 5 dan 6

Kamis, 26 November 2020


Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi anak-anak bu guru semuanya...

Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat dan selalu semangat menjalani pembelajaran dari rumah ya ...


Materi Hari ini 

-PPKN 

Sikap Tokoh Pahlawan yang susuai dengan makna sila kelima pancasila

Pahlawan memiliki jiwa patriotisme dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sebagai Siswa, kita harus meneladani dan melaksanakan sikap-sikap yang ditunjukan oleh para pahlawan. Misalnya keberanian, rela berkorban membela keadilan dan kebenaran, serta cinta tanah air, sikap-sikap kepahlawanan juga mencerminkan makna sila kelima Pancasila seperti berikut :

1. Seorang pahlawan bekerja keras demi meraih kemerdekaan.

2. Seorang pahlawan menjunjung tinggi keadilan, mereka juga berjuang demi mendapatkan keadilan.

3. Seorang pahlawan selalu mengutamakan kepentingan negara diatas kepentingan pribadi.

4. Seorang pahlawan berjuang membantu rakyat yang sedang dijajah

5. Pahlawan bergotong royong Bersama rakyat demi meraih kemerdekaan.


IPS 

Sikap kepahlawanan dan pengaruhnya bagi masyarakat

Kita memiliki banyak tokoh nasional yang telah berjasa dan memberikan pengaruh pada masyarakat seperti, Ir. Soekarno dan R.A. Kartini, Berikut uraian tentang kedua tokoh tersebut.


1. Ir. Soekarno

Bung Karno adalah nama populer dari Soekarno. Lahir pada 6 Juni 1901 di Blitar, Jawa Timur. Ketika Soekarno kecil, ia tidak tinggal bersama dengan orang tuanya yang berada di Blitar. Ia tinggal bersama dengan kakeknya yang bernama Raden Hardjokromo di Tulung Agung, Jawa Timur. Soekarno bahkan sempat mengenyam sekolah disana walau tidak sampai selesai, karena harus ikut bersama dengan orang tuanya yang pada waktu itu pindah ke Mojokerto. 

Di Mojokerto, Soekarno kemudian disekolahkan di Eerste Inlandse School dimana ayahnya juga bekerja disitu sebagai guru. Akan tetapi kemudian ia dipindahkan pada tahun 1911 ke ELS yang setingkat sekolah dasar untuk dipersiapkan masuk di HBS yang ada di Surabaya. Setelah tamat dan bersekolah di HBS tahun 1915, Soekarno kemudian tinggal di rumah Haji Oemar Said Tjokroaminoto atau HOS Cokroaminoto yang merupakan sahabat dari ayah Soekarno. Darisanalah Soekarno kenal dengan dunia perjuangan yang membuatnya menjadi pejuang sejati.

2. R.A. Kartini

Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat merupakan nama lengkap RA Kartini. Ia lahir pada tanggal 21 April 1879 di Mayong, Jepara, Jawa Tengah. Ayahnya bernama Raden mas Adipati Ario Sosroningrat yang merupakan seorang bupati Jepara. Kartini adalah keturunan ningrat. Hal ini bisa dilihat dari silsilah keluarganya. Kartini adalah putri dari istri pertama, tetapi bukan istri utama. Ibunya bernama M.A Ngasirah yang merupakan putri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono yang merupakan seorang guru agama di Telukawur, Jepara. Dari sisi ayahnya, silsilah Kartini dapat dilacak sampai Hamengkubuwana VI. Sudah banyak yang mengupas mengenai pahlawan wanita berpengaruh di Indonesia bahkan dunia yang satu ini. Ibu kita kartini memang menjadi salah satu tokoh pahlawan wanita yang fenomenal di tanah Jawa tepatnya berasal dari Jawa Tengah. Banyak penulis menuturkan biografi RA Kartini dan menceritakan perjalanan hidupnya yang menginspirasi. Seperti halnya yang dilakukan oleh Siti Soemandari Soeroto dalam bukunya yang berjudul ‘Kartini : Sebuah Biografi’. Dalam buku ini diterangkan tentang silsilah keluarga Kartini, sisi kehidupan yang menjadi saksi perjuangan melalui tulisannya yang sarat akan kritik penyetaraan gender, nasionalisme yang mengunggah sampai ke negeri Belanda. Kumpulan tulisan kepada sahabat – sahabat penanya di Belanda atau surat – surat yang pernah ia buat dirangkum Armijn Pane dalam sebuah buku yang berjudul ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ yang juga menjadi salah satu tema yang pernah ia tuliskan.


SBDP

Menyanyikan Lagu “Maju tak gentar” dengan berkelompok

Ayo, Ingat Kembali cara menyanyikan lagu “Maju tak gentar” diiringi dengan tepukan! Ingat juga tinggi rendahnya nada yang tepat dalam lagu tersebut. Ketika tampil secara berkelompok, kamu harus menyanyi dengan suara yang lantang.


“Maju Tak Gentar”

Maju tak gentar

Membela yang benar

Maju tak gentar

Hak kita diserang

Maju serentak

Mengusir penyerang

Maju serentak

Tentu kita menang

Bergerak bergerak

Serentak serentak

Menerkam menerjang terjang

Tak gentar tak gentar

Menyerang menyerang

Majulah majulah menang


Baik anak-anak tugas kalian hari ini adalah mengerjakan penilaian harian tema 5 sub 2 ya,silahkan klik link di bawah ini,jangan lupa ketik nama kelas dan nomor absen terimakasih🙏


https://forms.gle/irEHAuYV8APiqLMQ9


5 komentar:

  1. Assalamualaikum Bu
    Nama filzah Humairah Putri N Rentas kelas 4 D
    Absen 10
    Hadir Bu Dhuha merojaah tausiyah

    BalasHapus
  2. Wa allaikum salam terimakasih atas materinya Bu
    Parisya Khansa Parahita hadir

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum bu retno
    Muhammad Ghifari
    Hadir
    Wassalam

    BalasHapus