Materi Pembelajaran Kelas 4 SD Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 4 dan 5

Tema 4

Subtema 2  :  Pekerjaan di Sekitarku

Pembelajaran : 4,5

Hari / Tanggal : 

Senin 9  November   2020

Assalamualaikum selamat pagi anak- anak semua,bagaimana kabar kalian semua semoga selalu sehat ya...

Baik anak- anak sebelum kalian menyimak isi materi jngn lupa sholat duha dan moroja,ahnya ya...terimakasih🙏

Link video pembelajaran https://www.youtube.com/watch?v=ZSB2abEq27k&t=21s

Bahasa Indonesia

Materi

Menyampaikan pendapat tentang suatu cerita 

Dalam menyampaikan pendapat, kita perlu memperhatikan beberapa unsur di dalam cerita seperti tema, tokoh dan pesan moral. Kita juga perlu membacanya secara berulang-ulang agar memahami alur cerita tersebut. Pendapat mengenai sebuah cerita dapat dituangkan dalam bentuk tulisan.

Secara umum, unsur-unsur yang membangun sebuah cerita (intrinsik) terdiri dari:

1. Tema

2. Tokoh

3. Latar

4. Alur, dan 

5. Amanat Cerita

1. TEMA

Tema bisa dibilang adalah inti cerita. Tema adalah ide pokok atau gagasan besar yang melandasi sebuah cerita. Contoh-contoh tema adalah: persahabatan, keluarga, kasih sayang, dan sebagainya.

"Contohnya, kalau kalian suka nonton film 'Tayo' di televisi, kira-kira apa tema film tersebut?"

"Kalau tidak salah, temanya adalah PERSAHABATAN."

2. TOKOH

Di dalam sebuah cerita, selalu ada yang namanya tokoh. Tokoh adalah pemeran, pelaku, atau pemain di dalam sebuah cerita.

"Tokoh bisa saja manusia, hewan, bahkan tumbuhan dan benda mati seperti matahari. Semuanya bisa saja menjadi tokoh di dalam sebuah cerita."

Untuk anak-anak kelas tiga, tadi saya hanya membagi tokoh menjadi dua, yaitu tokoh protagonis (tokoh yang baik hati) dan tokoh antagonis (tokoh jahat).

3. LATAR

Latar di dalam sebuah cerita ada dua, yaitu latar waktu dan latar tempat. 

Latar waktu, berati kapan waktu terjadinya cerita tersebut, misalnya pada zaman dahulu kala, pada siang hari, pagi, sore, malam, dan sebagainya.

Sedangkan latar tempat, adalah tempat dimana cerita itu dikisahkan. Misalnya adalah di sebuah kota, desa, di sebuah hutan atau rimba, di sekolah, dan sebagainya.

Adapun tentang latar suasana, pagi tadi belum saya jelaskan kepada siswa-siswi.

4. AMANAT

Unsur yang keempat adalah amanat. Apa itu amanat di dalam cerita? Yaitu pesan-pesan kebaikan yang hendak disampaikan oleh pengarang melalui sebuah cerita. Pesan itu disampaikan kepada pembaca (kita semua).

5. ALUR

Pagi tadi saya belum menjelaskan tentang alur kepada anak-anak. Kapan-kapan ketika materi pelajaran mereka sudah sampai, akan saya sampaikan tentang apa itu alur. 

Alur adalah jalan cerita. Bisa juga dikatakan sebagai rentetan peristiwa yang disampaikan secara kronologis sehingga membentuk sebuah cerita.

Nah, agar anak-anak lebih jelas dalam memahami unsur-unsur pembangun cerita, saya bacakan untuk mereka kisah "Kelinci dan si Raja Hutan".

SINOPSIS

Syahdan di sebuah hutan hiduplah sepasang kelinci yang tengah bersedih. Sebab, kini anaknya hanya tinggal satu, yaitu Cici Kelinci. Sebenarnya mereka memiliki 3 anak, akan tetapi dua anaknya telah tiada karena dimangsa oleh Singa si Raja Rimba sebagai persembahan.

Purnama telah tiba. Inilah saat Singa menagih persembahan kepada kelinci untuk dimangsanya. Cici Kelinci mencoba menenangkan Ayah dan Ibunya, dan dia mengatakan bahwa dia sudah mendapatkan akal untuk lolos dari ancaman Singa.

Waktunya pun tiba. Sebelum dimangsa oleh Singa, Cici Kelinci memohon satu permintaan terakhir kepada Singa. Singa pun menyanggupinya. Cici Kelinci hanya meminta diambilkan bulan purnama. 

Ketika Singa hendak memetik bulan, tiba-tiba awan gelap datang. Cici kemudian berkata bahwa bulan bisa diambil di sebuah sumur tua. Singa dan Cici pun menuju ke sumur. Ketika Singa melongok, kebetulan saja awan gelap yang menutup bulan pun tersingkap. Sehingga, bayangan bulan purnama pun tampak di dalam sumur tersebut.

Tanpa pikir panjang, Singa segera melompat untuk mengambil rembulan permintaan Cici Kelinci. Cici Kelinci pun selamat dari terkaman Singa. Semua penduduk rimba pun bergembira, termasuk Ayah dan Ibu kelinci.

UNSUR-UNSUR INTRINSIK DALAM CERITA "CICI KELINCI DAN SI RAJA HUTAN"

TEMA

"Keberanian dan Kecerdikan akan mengalahkan Kejahatan"

TOKOH

Tokoh Protagonis : CICI Kelinci

Tokoh Antagonis : Singa si Raja Rimba

Tokoh lain: Ayah dan Ibu Kelinci, serta warga hutan

LATAR

Tempat : di hutan

Waktu : Pada saat bulan purnama

AMANAT

1. Kita tidak boleh berbuat semena-mena terhadap sesama yang lebih lemah

2. Kita harus bisa memanfaatkan kepandaian

3. Kita harus berani melawan kejahatan

4. dan lain-lain


PPKn

Materi

Manusia diciptakan untuk saling membutuhkan.

Ketika masih bayi, kamu membutuhkan ibu dan ayahmu.

Mereka yang mencukupi segala keinginanmu.

Setelah agak dewasa, kamu membutuhkan teman-teman bermain.

Kamu mulai mengenal orang-orang sekitar tempat tinggalmu.

Di dalam memilih teman tidak boleh membedakan sukunya, kaya atau miskin, serta agamanya


SBdP

Materi

Menghargai karya seni rupa dapat dilakukan dengan cara mengapresiasi.

Untuk menanggapi karya seni rupa dapat dilakukan melalui unsur-unsur rupanya.

Dalam karya seni rupa yang berupa gambar ada unsur titik, garis, bidang, bentuk, dan warna. Semua unsur tersebut dapat diamati secara saksama yang selanjutnya diberi penilaian atau komentar.

IPS

Materi

Teknologi modern telah banyak membantu manusia dalam mengolah alam.

Dengan teknologi, pengerjaan suatu bahan menjadi lebih mudah sehingga dapat dihasilkan barang yang lebih bervariasi.

Selain itu, pembuatan barang juga memerlukan waktu yang lebih singkat

Baik anak-anak sekarang tugas kalian adalah perhatikan gambar di bawah ini dan kalian bisa menjawab pertanyaan dari Bu guru melalui voice note kirim jawaban di WA group kelas paling lambat pukul 7 malam terimakasih

Pertanyaan : Menurut kalian, penggunaan teknologi modern pengolahan sumber daya alam menguntungkan manusia atau merugikan manusia? Jelaskan alasan kalian!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar