Materi Pembelajaran Kelas 4 Tema 3 subtema 2 Pembelajaran 1


Materi Pembelajaran kelas 4
Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subtema : Keberagaman Makhluk Hidup di LingkunganKu
Pembelajaran : 1
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Hari/Tanggal : Kamis, 1 Oktober 2020


Assalamu'alaikum....

Selamat pagiii....
Semangaaattt pagiii yaa anak sholeh dan sholeha....


Yuk sebelum kita mulai aktivitas hari ini, sempatkan waktunya sebentar untuk shalat dhuha dan murojaah yaa....


Selain tumbuhan, hewan juga merupakan sumber daya alam yang perlu terus dijaga keseimbangan dan kelestariannya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan. Kamu tentu tidak mau jika hewan peliharaanmu sakit. Kamu juga sangat tidak mau tertular penyakit hewan tersebut.

Beberapa manfaat memelihara hewan peliharaan antara lain melatih tanggung jawab. Dengan memelihara hewan piaraan, anak belajar bertanggung jawab. Bertanggung jawab dengan memberi makan hewan peliharaannya, dan  membantu membersihkan kandang.  Jika tidak, maka hewan-hewan tersebut akan menjadi langka dan punah. Seperti yang terjadi pada burung cendrawasih. Ayo, kita cari tahu lebih lanjut!

Amatilah gambar berikut.
Burung Cenderawasih


Burung cendrawasih disebut juga sebagai burung surga. Burung yang menjadi maskot Papua ini memiliki warna bulu yang indah. Bahkan, kabarnya karena keindahannya itu juga burung ini jarang turun ke tanah atau seringnya terbang di udara dan hinggap di dahan pohon.

Warna bulu cendrawasih yang mencolok biasanya merupakan kombinasi beberapa warna seperti hitam, cokelat, oranye, kuning, putih, biru, merah, hijau dan ungu. Burung ini semakin molek dengan keberadaan bulu memanjang dan unik yang tumbuh dari paruh, sayap atau kepalanya.

Warna yang bermacam-macam menjadi salah satu penanda dalam mengelompokkan jenis mereka. Habitat aslinya di hutan-hutan lebat, yang umumnya terletak di daerah dataran rendah dan hanya dapat ditemukan di Indonesia bagian timur.

Burung cendrawasih mati kawat adalah jenis yang menjadi identitas provinsi Papua. Masyarakat di Papua sering menggunakan bulu cendrawasih sebagai pelengkap atau hiasan dalam pakaian adat mereka.

Keberadaan burung cendrawasih kian lama kian terancam. Perburuan dan penangkapan liar serta kerusakan habitat menjadi beberapa penyebab utama. Bulu cendrawasih juga diperdagangkan, digunakan sebagai penghias topi wanita di Eropa. Tapi kini burung cantik ini menjadi jenis satwa yang dilindungi.

Beberapa jenis cendrawasih yang masuk dalam daftar dilindungi antara lain cendrawasih kuning kecil, cendrawasih botak, cendrawasih raja, cendrawasih merah, dan toowa.


Apakah di lingkunganmu terdapat kupu-kupu? Bacalah teks berikut untuk menambah pengetahuanmu tentang kupu-kupu.


Kupu-kupu hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah. Kupu-kupu Indonesia banyak ragamnya dibandingkan dengan kupu-kupu dari negara lain.

Tidak sedikit penggemar kupu- kupu. Warnanya yang indah sangat menarik perhatian banyak orang. Oleh sebab itu, perburuan kupu-kupu sering terjadi.
Hal ini tentunya sangat merugikan bagi kelangsungan hidup kupu-kupu maupun makhluk lainnya.

Setelah membaca materi diatas silahkan diskusikan dengan anggota keluargamu pertanyaan dibawah ini ! Kemudian Jawab dikirim ke WA bu guru ! Tulis jawabnnya saja !

Latihan !
 1. Jelaskan mengapa burung cendrawasih menjadi salah satu sumber daya alam yang menjadi kebanggaan rakyat Papua dan dilestarikan?

2. Keberadaan burung cenderawasih kian lama kian terancam. Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?
3. Apa manfaat kupu - kupu bagi tanaman ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar