Materi Pembelajaran Kelas 4 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6

Jum'at, 18 September 2020
Assalamu'alaikum ......

Selamaaatt pagiiii.....

Sehaatt  semuaa kan yaa.....

Jangan lupa awali aktivitas pagi ini dengan berdoa,shalat dhuha dan murojaah...

Selamat belajarr.....



Kita mempunyai kewajiban untuk menghemat energi yang jumlahnya sangat terbatas karena energi tersebut suatu saat akan habis.

Selain menghemat, kita juga mempunyai kewajiban untuk terus-menerus mencari cara untuk menciptakan energi alternatif agar kebutuhan akan energi tetap dapat terpenuhi.

Diskusikan dengan anggota keluargamu:
• Mengapa kita perlu mengembangkan energi alternatif?
• Apa manfaat energi alternatif bagi kehidupan?

Kewajiban dan Hak Kita Terhadap Lingkungan

Kewajiban kita terhadap lingkungan adalah menjaga kelestariannya. Salah satu caranya adalah memanfaatkan energi alternatif yang ramah lingkungan, misalnya menggunakan kendaraan berbahan bakar listrik atau gas, seperti mobil listrik dan mobil tenaga surya.
Energi alternatif adalah energi yang ramah lingkungan dan tidak pernah habis, misalnya energi yang
berasal dari air, angin, panas matahari, dan sumber daya alam lain yang dapat diperbaharui.
Kita juga berkewajiban membangunan dalam gedung dengan memperhatikan aspek ramah lingkungan, misalnya membangun gedung yang menggunakan cahaya matahari sebagai penerangan di siang hari. Setelah memenuhi kewajiban, kita dapat memperoleh hak kita, misalnya memperoleh lingkungan yang segar untuk kesehatan dan kenyamanan. Selain itu, kita juga mempunyai hak untuk memperoleh air sehat dan bersih yang disediakan oleh alam, untuk minum, mandi, pengairan,
dan pembangkit tenaga listrik.
Selain itu, kita juga mempunyai hak untuk memperoleh sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan, misalnya dari tumbuhan dan hewan yang merupakan sumber energi/tenaga. Sebelum memperoleh hak kita terhadap lingkungan, mari kita laksanakan kewajiban terlebih dahulu.

Simak video berikut ya untuk penjelasan lebih lanjut



setelah membaca materi diatas silahkan kerjakan Penilaian harian dibawah ini. Untuk pengisian cukup satu kali, karena yang diambil adalah yang pertama, pengisian absen, nama dan kelas dengan benar supaya tidak terjadi kekeliruan dalam penilaian. Kerjakanlah dengan mandiri dan jujur ya !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar