Matematika Kelas 4 SD Pengurangan dan Penjumlahan Pecahan dengan Penyebut Berbeda

Selasa, 22 September 2020

Mengurangi Pecahan Biasa Penyebut Berbeda

Mengurangi pecahan biasa berbeda penyebut dilakukan dengan menyamakan penyebut yang dikurangi, berikut langkah-langkahnya.
1.  Contoh Soal
Sebelum belajar pengurangan pecahan campuran, perlu dipahami cara mengurangi pecahan biasa. Berikut salah satu contoh soal mengurangi pecahan biasa.



2.  Menyamakan Penyebut
Menyamakan penyebut dapat dilakukan dengan menghitung KPK penyebut dari pecahan yang dihitung. Berdasarkan contoh dihitung KPK dari 4 dan 6. Jika sudah sama, maka langkah ini dapat dilewati.


3.  Menghitung Pecahan Senilai
Cari pecahan senilai dengan penyebut KPK-nya dari masing-masing pecahan yang dikurangi. Hal ini dapat dilakukan dengan mengalikan pembilang dan penyebut sehingga diperoleh pecahan senilai yang tepat.
Tips: Bagi penyebut KPK dengan penyebut awal untuk menemukanpasangan perkalian.


4.  Mengurangi dengan Pecahan Senilai
Saat mengurangi pecahan dengan penyebut sama, yang dikurangi hanya pembilang. Sampai di sini, pengurangan pecahan sudah selesai.

Catatan: Jika hasil pengurangan merupakan pecahan tidak biasa, maka nilai tersebut dapat diubah kebentuk yang lebih sederhana.


Untuk lebih paham silahkan anak2 tonton video dibawah ini


Untuk Penjumlahan caranya sama. Hanya saja pembilangnya dijumlahkan. Baik anak-anak silahkan kerjakan soal di bawah ini ya terimakasih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar