Hari/Tanggal : Jumat, 27 Agustus 2021
Kelas : 4 A
Bab : Pecahan
Subbab : Penaksiran Hasil operasi hitung bilangan cacah, pecahan dan desimal
alat peraga : Video
Assalamu'alaikum. Wr.Wb
Selamat pagi.
Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin
Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak dan jangan lupa untuk selalu mengisi link Absensi hari ini 💪
Link Absen : https://docs.google.com/forms/d/1C5eWt7O9QKlfu1y-Qss075qwhoI0wGA7M-FrL90iD4c/viewform?chromeless=1&edit_requested=true
Sebelumnya kita belajar bagaimana mengubah pecahan biasa ke desimal, persen atau sebaliknya. Hari kita akan belajar tentang taksiran bilangan. Adapun tujuan pembelajaran kita sebagai berikut :
Tujuan pembelajaran :
1. Dengan menyimak video peserta didik dapat menentukan pembulatan suatu bilangan dengan benar.
2. Dengan menyimak video peserta didik dapat menentukan taksiran atas, taksiran bawah, taksiran terbaik suatu bilangan dengan tepat.
A. Pengertian Taksiran
Taksiran disebut juga dengan perkiraan atau kira-kira dan disimbolkan dengan ≈. Taksiran pada bilangan cacah terdiri dari taksiran atas, taksiran bawah dan taksiran terbaik. Taksiran dilakukan untuk mempermudah operasi hitung mendekati hasil aslinya.
Dalam kehidupan sehari - hari kita sering menemukan taksiran. Sebagai contoh :
1. Berapa kira - kira jarak rumahmu dari sekolah?
2. Berapa kira - kira harga sandal?
Sering kali kita menyebutkan perkiraan untuk mendekati data atau jumlah sebenarnya. Agar lebih memahami coba simak penjelasan berikut :
B. Taksiran Bilangan
Taksiran Atas
Taksiran atas dilakukan dengan membulatkan ke atas bilangan- bilangan pada angka yang terdepan (angka yang paling depan tambah 1)
Contoh:
Tentukan hasil dari operasi hitung 22 × 58.
Jawab: Karena taksiran atas, maka setiap bilangan dibulatkan ke atas.
22 ditaksir ke atas menjadi 30
58 ditaksir ke atas menjadi 60
Jadi, taksiran 22 × 58 adalah 30 × 60 = 1.800
Taksiran Bawah
Taksiran bawah dilakukan dengan membulatkan ke bawah bilangan-bilangan dalam operasi hitung. (angka depan tetap)
Contoh:
Tentukan hasil taksiran bawah dari operasi hitung 22 × 58
Jawab:
Karena ini taksiran bawah, maka bilangan dibulatkan ke bawah.
22 ditaksir ke bawah menjadi 20
58 ditaksir ke bawah menjadi 50
Jadi, taksiran 22 × 58 adalah 20 × 50 = 1.000
Taksiran Terbaik
Taksiran terbaik dilakukan dengan membulatkan bilangan- bilangan
dalam operasi hitung menurut aturan pembulatan dengan memperhatikan tempat bilangan yaitu (satuan, puluhan, ratusan, ribuan dan seterusnya)
Aturan Pembulatan bilangan
Pembulatan bilangan ke satuan terdekat bilangan desimal
- Jika angka persepuluhan dibelakang koma kurang dari 5 (0,1,2,3,4) maka dibulatkan ke bawah
- Jika angka persepuluhan dibelakang koma sama dengan atau lebih dari 5 (5,6,7,8,9) maka dibulatkan ke bawah
Contoh :
3,2 dibulatkan menjadi 3
15,2 dibulatkan menjadi 15
Pembulatan bilangan ke satuan terdekat bilangan pecahan
- Jika bilangan pecahan kurang dari 1/2 maka 0
- Jika bilangan pecahan sama dengan atau lebih dari 1/2 maka 1
Contoh :
3 1/4 dibulatkan menjadi 3
karena 1/4 < 1/2 dibulatkan jadi 0
Sehingga 3 1/4 = 3 + 0 = 3
Pembulatan bilangan ke puluhan, ratusan, ribuan terdekat
- Jika angka pada satuan,puluhan dan ratusan kurang dari 5 (0,1,2,3,4) maka dibulatkan ke bawah.
- Jika angka pada satuan,puluhan dan ratusan sama dengan atau lebih dari 5 (5,6,7,8,9) maka dibulatkan ke atas.
Contoh :
Lakukan pembulatan bilangan 1781 ke puluhan, ratusan, ribuan terdekat !
Jawab :
1781 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 1780
1781 dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi 1800
1781 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 2000
Pembulatan bilangan ke desimal
- Jika angka yang ditentukan dibelakang koma kurang dari 5 (1,2,3,4) maka dibulatkan ke bawah
- Jika angka yang ditentukan koma sama dengan atau lebih dari 5 (5,6,7,8,9) maka dibulatkan ke bawah
Contoh :
5,35 dibulatkan 1 angka dibelakang koma menjadi 5,4
6,781 dibulatkan 2 angka dibelkang koma menjadi 6,78
C. Menghitung taksiran terbaik
Ingat taksiran terbaik membulatkannya menurut aturan pembulatan.
Contoh :
1. Tentukan hasil operasi hitung berikut dengan taksiran puluhan terdekat 123 - 15!
Jawab :
123 dibulatkan puluhan terdekat menjadi 120
15 dibulatkan puluhan terdekat menjadi 20
123 - 15 ≈ 120 - 20 = 100
2. Taksirlah penjumlahan dari 2,5 +3,2 dengan satuan terdekat
Jawab :
2,5 dibulatkan menjadi 3
3,2 dibultakan menjadi 3
2,5+3,2 ≈ 3 + 3 = 6
3. Taksirlah pengurangan dari 3 3/8 - 2 1/4
Jawab :
3 3/8 dibulatkan menjadi 3, karena 3/8 < 1/2
2 1/4 dibulatkan menjadi 2, Karena 1/4 < 1/2
3 3/8 - 2 1/4 ≈ 3 - 2 = 1
4. Tentukan hasil taksiran dari pembagian bilangan desimal berikut ini!
20,3 : 4,2
Jawab :
20,3 dibulatkan menjadi 20
4,2 dibulatkan menjadi 4
20,3 : 4,2 ≈ 20 : 4 = 5
Agar lebih paham simaklah video berikut ini!
Latihan
Kerjakanlah soal di bawah ini!
1. Taksirlah dengan taksiran atas 56 : 16!
Jawab :
56 ditaksir ke atas jadi ...
16 ditaksir ke atas jadi ...
56 : 16 ≈ ... : ... = ...
2. Hasil taksiran bawah dari 1236 - 312 adalah ....
Jawab :
1236 ditaksir ke bawah jadi ...
312 ditaksir ke bawah jadi ...
1236 - 312 ≈ ... - ... = ...
3. Hasil taksiran ke satuan terdekat dari 4 2/5 + 2 2/4 adalah ....
Jawab :
4 2/5 ditaksir ke satuan terdekat jadi ...
2 2/4 ditaksir ke satuan terdekat jadi ...
4 2/5 + 2 2/4 ≈ ... + ... = ...
4. Hasil taksiran dari 3,6 x 2,3 ke satuan terdekat adalah ....
Jawab :
3,6 ditaksir ke satuan terdekat jadi ...
2,3 ditaksir ke satuan terdekat jadi ...
3,6 x 2,3 ≈ ... x ... = ...
5. Hasil taksiran dari 1236 + 235 keratusan terdekat adalah ...
Jawab :
1236 ditaksir ke ratusan terdekat jadi ...
235 ditaksir ke ratusan terdekat jadi ...
1236 + 235 ≈ ... + ... = ...
Assalamu'alaikum
BalasHapusAzril Kautsar Al Ghifary
Hadir Bu.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusCahaya Mahatmaprita Ivan
BalasHapusHadir
Assalamualaikum
BalasHapusKareninna m Ayudya
No absen:13
Hadir 🙋🏻♀️
Aisha putri fedric kls 4a hadir bu al azhar 2
BalasHapusZaskya ramadhani jefta.
BalasHapusHadir bu
Annisa Nur Azizah
BalasHapus4.A
Ahmad gibran bilfakih
BalasHapus