Bahan Ajar Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 5 dan 6


Hari/Tanggal        : Kamis, 26 Agustus  2021

Kelas                    :  4 A

Tema                    : 2 (Selalu Berhemat Energi  )

Subtema               : 2 (Manfaat Energi  )

Pembelajaran        : 5 dan 6

Alat Peraga           : Game Based Learning


Tujuan pembelajaran :

1.  Peserta didik mampu memahami tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu

2.  Peserta didik mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kabupaten sampai tingkat provinsi

3 Peserta didik mampu menjelaskan hak dan kewajiban  sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari terhadap sumber energi

 


Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Mudah-mudahan kalian semua dalam keadaan sehat.

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah anak-anak kemarin kalian sudah belajar tentang kalimat petunjuk dan membuat poster tentang menghemat energi , sekarang kita lanjukan materinya, namun sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪 

Baiklah anak-anak kita awali pembelajaran hari ini dengan membaca Bismillahirrohmanirrohim.

SBDP

Pola Irama dan Ketukan

    Irama adalah rangkaian bunyi yang teratur. Pola irama adalah panjang pendeknya bunyi dalam sebuah lagu. Pola tersebut terbentuk dari bunyi nada yang teratur dan berulang-ulang. Panjang pendek bunyi nada dapat dihitung berdasarkan ketukan. Pola irama dalam lagu umumnya 4/4, 3/4, 2/4, dan 6/8.

1. Birama 2, memiliki 2 (2/4) hitunga,. contoh : l  3 5  l  3 2   l

2. Birama 3, memiliki 3 (3/4) hitungan, contoh  : l  2 3 5  l  4 3 2  l

3. Birama 4, memiliki 4 (4/4) hitungan, contoh  :  l 3 4 5 3  l  2 3 5 3  l

    Bunyi yang dihasilkan dapat berasal dari internal dan eksternal. Bunyi internal dapat dihasilkan dari tubuh kita, yaitu bertepuk tangan, menepuk paha, menghentakan kaki ke lantai. Bunyi Eksternal dihasilakn oleh alat musik, misalnya jika kita akan mengiringi lagu dengan tepuk tangan, lama bunyi tepuk tangan disesuaikan dengan nilai nadanya. Satu tepuk tangan dapat bernilai setengah ketuk, 1 ketuk, 2 ketuk, 3 ketuk dan 4 ketuk

IPS

Pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA)

    Selain dimanfaatkan untuk memahami kebutuhan sehari-hari, ada pula sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk membantu kegiatan manusia. Ingat, pemanfaatan sumber daya alam harus dimanfaatkan dengan bijak.

Berikut ini contoh pemanfaatan sumber daya alam :

NO

Kegiatan

SDA

Pemanfaatan

1

Menanam Padi

Matahari

 

Air

Tanah

Udara

 

Kotoran hewan

Kerbau

Pertumbuhan tanaman padi, pembangkit listrik, dan menerangi lingkungan

Mengairi lahan pertanian

Media tanam

Sumber karbondioksida yang dibutuhkan tanaman untuk berfotosintesis

Sebagai pupuk tanaman

Sebagai sumber makanan, tenaganya untuk membajak sawah

2

Pembuatan ikan asin

Kayu

 

Garam

Panas matahari

Bahan membuat anyaman untuk menjemur ikan

Mengawetkan ikan asin

Mengeringkan ikan asin


Masih banyak contoh yang lain, kalian bisa mencari dari sumber belajar yang lain.


PPKN

Kerjasama dalam Pelaksanaan Hak dan Kewajiban

    Setiap manusia memiliki hak dan kewajiban terhadap penggunaan sumber energi. Seperti, kewajiban menhemat energi. Kita harus bekerjasama menhemat energi demi generasi selanjutnya. kita juga memiliki hak bekerja sama dalam pemanfaatan sumber energi. Seperti kerja sama menggunakan sumber energi sesuai kebutuhan. 

    Kamu dapat menggunakan poster untuk mengajak orang lain bekerja sama menghemat energi. Sampaikan pentingnya kerja sama menghemat energi pada poster buatanmu. Kamu juga boleh menambahkan gambar-gambar mengenai hak dan kewajiban dalam mengemat energi


Nah demikianlah pembelajaran hari ini, mudah-mudahan kalian semua dapat memahaminya.

Tugas
Sekarang silahkan anak2 kerjakan soal pada game wordwall berikut ini :

11 komentar: