Tema 8 subtema 2 Pembelajaran 1 dan 2 Kelas 3 SD (Tugas 5)

Tema 8 subtema 2 Pembelajaran 1 dan 2 Kelas 3 SD

Bahasa Indonesia

Mengidentifikasi lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) berdasarkan teks

Anggota pramuka merupakan anak mandiri. Selalu berusaha bekerja tanpa bantuan orang lain. Seperti menyiapkan peralatan sendiri, memakai seragam sendiri, mengenakan kelengkapan seragam secara mandiri.

Kelengkapan seragam pramuka diantaranya :
baju dilengkapi tanda - tanda pramuka, ada juga tutup kepala dan setangan leher, ikat pinggang, kaus kaki, sepatu dan celana atau rok.


Matematika

Menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki

merupakan sebutan untuk bangun-bangun dua dimensi. Bangun datar merupakan sebuah bidang datar yang dibatasi oleh garis lurus ataupun garis lengkung.


Nama-nama Bangun Datar
  • Persegi Panjang, yaitu bangun datar yang berupa segiempat yang mempunyai 2 pasang sisi yang sejajar dan sama panjang serta keempat sudutnya siku-siku.
  • Persegi, yaitu bangun datar yang mempunyai 4 sisi, keempat sisinya sama panjang dan keempat sudutnya siku-siku.
  • Segitiga, yaitu sebuah bangun datar yang dibatasi oleh 3 buah sisi dan mempunyai 3 buah titik sudut. Macam macam segitiga berdasarkan panjang sisinya dibedakan menjadi 3 antara lain: segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga sembarang. Sedangkan berdasarkan berdasarkan besar sudutnya segitiga dibedakan menjadi 3 yaitu: segitiga tumpul, segitiga siku-siku dan segitiga lancip.
  • Jajar Genjang, yaitu bangun datar yang berupa segiempat mempunyai sisi-sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar, serta sudut-sudut yang berhadapan sama besar.
  • Trapesium, yaitu bangun datar yang berupa segiempat, yang memiliki sepasang sisi yang sejajar.
  • Layang-layang, yaitu bangun datar yang berupa segiempat, yang mempunyai 2 pasang sisi yang berdekatan sama panjang dan kedua diagonal berpotongan tegak lurus.
  • Belah Ketupat, yaitu bangun datar yang berupa segiempat, keempat sisinya sama panjang dan kedua diagonalnya berpotongan tegak lurus.
  • Lingkaran, yaitu bangun datar yang terbentuk dari himpunan semua titik persekitaran yang mengelilingi suatu titik asal dengan jarak yang sama. jarak tersebut biasanya dinamakan r, atau radius, atau jari-jari.

SBdP

Mengetahui dinamika gerak tari

Tunas kelapa merupakan lambang pramuka. Kelapa memiliki banyak manfaat antara lain tempurungnya bisa untuk menari. Berikut contoh gerakan tarian menggunakan tempurung kelapa :


PKn

Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

Anggota pramuka dilatih untuk mengambil keputusan secara mandiri. Misalkan menentukan nama kelompok. Salah satu janji pramuka yaitu patuh dan suka bermusyawarah. Bermusyawarah artinya : berdiskusi untuk membicarakan masalah. bermusyawarah juga untuk menyelesaikan masalah. Musyawarah merupakan pengamalan sila ke 4 yang berbunyi " Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan". Simbol sila ke 4 adalah kepala banteng.

Soal Tema 8 Subtema 2 Pembelajran 1 dan 2 Kelas 3 SD

Silahkan jawab pertanyaan dibwah ini (Tulis jawabannya saja )

1. Apayang dimaksud dengan mandiri ? Pekerjaan apa saja yang dapat dilakukan secara mandiri ?

2. Gambarlah masing-masing bentuk bangun datar Persegi panjang, segitiga, persegi, segilima, lingkaran !

3. Ikuti gerakan tarian dibawah ini ! (videokan buat di status story WA ) klo tidak ada tempurung kelapa, pakai tepuk tangan.

4. Apa yang dimaksud musyawarah ?
    Kegiatan apasaja yang termasuk musyawarah ?
    Musyawarah merupakan pengamalan sila ke ...






Tidak ada komentar:

Posting Komentar