Tema 7 subtema 1 pembelajaran 2 kelas 3 SD

Bahasa Indonesia*
Teknologi produksi adalah cara yang digunakan untuk mengolah sumber daya alam untuk mendapatkan manfaat. Teknologi produksi dari masa ke masa selalu berkembang.
Teknologi masa lalu masih sangat sederhana sedangkan masa kini sudah menggunakan teknologi modern.
Secara garis besar teknologi dibagi menjadi 3 macam yaitu :
Teknologi sederhana adalah cara untuk mengolah sumber daya alam dengan alat bukan mesin
Teknologi tepat guna adalah pengolahan sumber daya alam dengan mesin sederhana
Teknologi (modern) adalah pengolahan sumber daya alam dengan mesin modern (canggih)
Teknologi masa lalu hanya mengandalkan kekuatan manusia, hasilnya sedikit, dan waktu yang dibutuhkan lama. Teknologi masa kini (modern) sedikit tenaga, hasil lebih banyak dan waktu lebih singkat.
Proses produksi dari bahan mentah menjadi bahan siap pakai memerlukan waktu dan proses.
Secara garis besar alur proses produksi adalah sebagai berikut :
Sumber daya alam                    Pengambilan Proses                       Bahan jadi
Explorasi
Bahan utama untuk membuat suatu produk disebut bahan baku. Bahan baku yang dapat diolah pada proses produksi misalnya kayu, minyak bumi, ikan, batu bara, dan sebagainya. Satu jenis bahan baku dapat diolah menjadi beberapa hasil, misalnya :

Perkembangan Teknologi Komunikasi
Komunikasi adalah kegiatan menyampaikan dan menerima pesan antara dua pihak. Komunikasi dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu lisan, tulisan, dan isyarat. Komunikasi dapat disampaikan menjadi 2 cara yaitu langsung dan tidak langsung. Alat komunikasi selalu berkembang sesuai dengan masanya. Alat komunikasi masa lalu masih bersifat sederhana yaitu asap, api, bunyi, cahaya dan surat.
Alat komunikasi sekarang sudah modern misalnya radio, telepon, faksimile, televisi,       e-mail, internet
Cara berkomunikasi dengan lisan masa lalu dilakukan secara langsung atau lewat kurir, sedangkan surat menggunakan burung merpati. Cara komunikasi masa sekarang lebih modern, komunikasi lisan dapat menggunakan telepon, sedangkan tulisan menggunakan e-mail, faksimili, sms.

Perkembangan Teknologi Transportasi
macam-macam-sarana-transportasi-yang-tradisional-dan-modernAlat transportasi adalah sarana untuk memindahkan orang atau barang dari satu tempat ke tempat lain. Alat transportasi selalu berkembang, pada masa lalu alat transportasi masih sederhana, tetapi kini alat transportasi sudah modern. Alat transportasi dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

Alat transportasi darat
Masa lalu            : kuda, sepeda, pedati, delman, becak.
Modern               : kereta api, bis, taksi, mobil, truk
Alat transportasi air / laut
Masa lalu            : rakit, perahu bercadik, perahu layar
Modern               : kapal boat, feri, bis air
Alat transportasi udara
Sesuai perkembangannya alat transportasi memberikan manfaat dalam kegiatan manusia. Dengan adanya alat transportasi modern kita akan lebih cepat sampai ketujuan tetapi biaya yang dikeluarkan lebih banyak.

*PKN*
Krakteristik manusia kalau dirumah adalah karakteristik yang sudah terbentuk sejak dia lahir dan mengenal lingkungannya. Sedangkan karakteristik disekolah merupakan karakteristik yang sudah ada hanya saja kebiasaan-kebiasaan di sekolah terbentuk oleh pengaruh lingkungannya. Contoh : Saat dirumah karakteristik yang terbentuk pada seseorang itu adalah percaya diri,sedangkan saat disekolah mungkin dia akan tetap menjadi orang yang PD atau bahkan sebaliknya jika Ia merasa teman-teman disekitarnya lebih baik darinya,dan hal itu akan sangat berpengaruh pada tingkat keberhasilannya dikemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar