Tema 7 subtema 3 pb 2

Matematika*
Bangun datar Yaitu bagian dari bidang datar yang dibatasi oleh garis-garis lurus atau lengkung.
Defenisi bangun datar yaitu: sebuah bangun yang rata yang memiliki dua dimensi yaitu panjang dan lebar tetapi tidak memiliki tinggi dan tebal. Dengan demikian pengertian bangun datar ialah abstrak.

Macam-Macam Bangun Datar

Bangun datar terbagi menjadi beberapa macam-macamnya, yaitu:
  1. Persegi Panjang, adalah sebuah bangun datar yang mempunyai sisi berhadapan yang sama panjang dan memiliki empat buah titik sudut siku-siku.
  2. Persegi, adalah sebuah persegi panjang yang semua sisi-sisinya sama panjang.
  3. Segitiga, adalah sebuah bangun datar yang terbentuk dari tiga buah titik yang tidak segaris, macam macamnya, yaitu: segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga siku-siku dan segitiga sembarang
  4. Jajar Genjang, adalah sebuah segi empat yang sisinya sepasang-sepasang yang sama panjang dan sejajar.
  5. Trapesium, adalah sebuah segi empat yang mempunyai tepat sepasang sisi yang sejajar.
  6. Layang-layang, adalah sebuah segi empat yang salah satu diagonalnya memotong tegak lurus sumbu diagonal yang lainnya.
  7. Belah Ketupat, adalah sebuah bentuk segi empat yang semua sisi-sisinya sama panjang dan kedua diagonalnya saling berpotongan tegak lurus.
  8. Lingkaran, adalah sebuah bangun datar yang terbentuk dari himpunan semua titik persekitaran yang mengelilingi suatu titik asal dengan jarak yang sama. Jarak tersebut biasanya dinamakan r yaitu radius atau jari-jari.



Dekoratif adalah suatu seni menggambar yang bertujuan untuk mengolah permukaan dari suatu benda agar menjadi lebih indah. Adapun dalam konteks ini, yang dimaksud seni dekoratif adalah gambar atau pun hiasan dengan wujud yang rata.Pada karya seni ini,  kesan gelap terang dan jauh dekat tidak ditonjolkan.

Pembahasan
Seni grafis ini tergolong seni dua dimensi, oleh sebab itu unsur-unsurnya adalah sebagai berikut:

TITIK
GARIS
BIDANG
BENTUK
TEKSTUR
WARNA
Bagi karya seni dua dimensi lainnya terdapat dua unsur lainnya yakni ruang dan gelap terang. Pada seni grafis sendiri, kedua unsur tersebut tidak ditonjolkan oleh sebab itu tidak dimasukkan ke dalam daftar unsur-unsur tersebut di atas


Pelajari lebih lanju

Tidak ada komentar:

Posting Komentar