Materi Tema 8 subtema 1 Pembelajaran 6 Kelas 4 SD

Tema : 8 Tempat tinggalku

Sub tema :1 Lingkungan tempat tinggalku

Pembelajaran : 6

Tanggal: 3 Maret 2021

Muatan pembelajaran : B. Indonesia dan SBdp


Pin oleh Uyun Chan di Greetings | Kartu bunga, Kaligrafi, Gambar

Selamat pagi anak-anak sholeh dan sholehah. Bagaimana kabar kalian? semoga kita selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT... Aamiin..

Baik anak-anak jangan lupa solat yang lima waktu.. Solat sunnah dhuha murojaah... juga disimak tausiyahnya. Tetap semangat ya untuk pembelajaran daring Semoga Allah memberikan kemudahan dalam kita mencari ilmu dunia dan akhirat Aamiin.. Terimakasih

Man Jadda Wa Jadda.. "Siapa yang bersungguh-sungguh dia akan mendapatkannya"

Sebelumnya kita sudah belajar tentang : keberagaman individo, tokoh protagonis, antagonis, keadaan ekonomi disekitar dan tempo lagu.

Tujuan pembelajaran hari ini :

1. Mengidentifikasi tokoh pada teks fiksi

2. Menyanyikan lagu dengan tempo dan nada yg tepat


 - Bahasa Indonesia

Mengidentifikasi tokoh-tokoh dalam teks Fiksi

Fiksi merupakan salah bentuk narasi yang mempunyai sifat berbentuk cerita. Penokohan adalah cara pengarang menampilkan tokoh dalam ceritanya dan bagaimana tokoh-tokoh tersebut. Dalam penokohan, watak atau karakter seorang tokoh dapat dilihat dari tiga segi yaitu, dialog tokoh, penjelasan tokoh, dan Penggambaran fisik. Ada dua jenis penokohan, yaitu: Secara langsung atau deskriptif/analitik, dan Teknik dramatik. Secara langsung atau deskriftif/analitik adalah dimana pengarang langsung melukiskan atau menyebutkan secara terperinci bagaimana watak sang tokoh, bagaimana ciri-ciri fisiknya, apa pekerjaannya, dan sebagainya. 

Sedangkan, Secara tidak langsung/dramatik adalah dimana pengarang melukiskan sifat dan ciri fisik sang tokoh melalui reaksi tokoh lain terhadap tokoh sentral, melalui gambaran lingkungan sekitar tokoh sentral, serta dapat diungkapkan melalui percakapan antar tokoh dalam cerita tersebut. Berhadapan dengan tokoh-tokoh fiksi pembaca sering memberikan reaksi emotif tertentu seperti merasa akrab, simpati, empati, benci, antipati, atau berbagai reaksi afektif lainnya. Tidak jarang pembaca mengidentifikasikan dirinya dengan tokohnya yang diberinya seperti simpati dan empati.


- SBDp

Menyanyikan lagi Daerah dengan memperhatikan Tempo dan Tinggi rendahnhya Nada

Masih ingatkah kamu cara menyanyikan lagu daerah tempo dan tinggi rendahnya nada dengan tepat? Lagu daerah harus dinyanyikan dengan tempo dan tinggi rendah nada dengan tepat, Tempo mengatur cepat atau lambatnya sebuah lagu, Sedangkan tinggi rendahnhya nada membuat lagu daerah terdengar lebih merdu.

Coba kamu nyanyikan satu buah lagu daerahmu dirumah dengan tempo dan nada yg benar !

Nah anak2 hari ini cukup baca materi di atas. Untuk persiapan penilaian harian besok. Jika memungkan catat informasi penting yg kamu dapatkan agar menambah pengetahuanmu !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar