Materi Pembelajaran Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 3 Kelas 4 SD

Tema  : 8 Daerah tempat tinggalku

Subtema : 2 Keunikan daerah tempat tinggalku

Pembelajaran : 3

Tanggal  : Rabu, 9 Maret 2021

Muatan pembelajaran : B. Indonesia , IPS, PKn

Assalamualaikum

Selamat pagi anak-anak Bu guru semuanya...

Bagaimana kabar kalian,semoga kita selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Baik anak-anak pagi ini kita akan kembali melanjutkan pembelajaran daring kita. Sebelum kalian menyimak isi materi jangan lupa sholat dhuha dan morojaahnya serta  jangan lupa juga sholat 5 waktunya jangan ditinggalkan terimakasih...

Tujuan Pembelajaran hari ini adalah :

1. Menjelaskan jenis pekerjaan berdasarkan Daerah tempat tinggal

2. Mengemukakan pendapat tentang keragaman karakterisitik Individu

3. Menuliskan tokoh dan sifatnya pada Teks Fiksi

Selamat belajar

- IPS

Menjelaskan jenis pekerjaan berdasarkan Daerah tempat tinggal

Kegiatan ekonomi terdiri atas tiga tahapan yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi, Produksi adalah cara membuat barang dan bagaimana jasa dilakukan. Distribusi adalah cara memutuskan siapa yang mendapatkan barang dan jasa. Konsumsi adalah cara manusia menggunakan atau menghabiskan barang dan jasa. Setiap tahapan tersebut mempengaruhi jenis pekerjaan para pelaku kegiatan.

Jenis pekerjaan dipengaruhi tempat tinggal kondisi tempat tinggal! Misalnya Jepara, Jawa Tengah. Jepara dikenal sebagai kota ukiran dan penghasil furniture, masyarakatnya banyak yang bekerja sebagai pengukir. Perhatikan skema kegiatab pembuatan mebel berikut!




- PPKn

Mengemukakan pendapat tentang keragaman karakterisitik Individu

Daerah tempat tinggal kita dihuni masyarakat yang terdiri dari berbagai macam suku dan agama, selain itu masyarakat juga memiliki karakteristik fisik, kegemaran dan kebiasaan yang berbeda-beda. Keberagaman tersebut perlu kita syukuri dengan cara menghormati dan saling menjaga sikap saat bergaul di masyarakat


Di dalam masyarakat pedesaan di antara warganya mempunyai hubungan yang lebih mendalam

sistem kehidupannya berkelompok dengan dasar sistem kekeluargaan.

sebagaian besar masyarakat.


- Bahasa Indonesia 

Menuliskan tokoh dan sifatnya pada Teksi Fiksi

Masih ingatkah kamu dengan tokoh Protagonis dan Antagonis di dalam suatu cerita fiksi? Untuk mengetahuinya, kau perlu membaca cerita fiksi tersebut secara berulang-ulang dan memahami jalan ceritanya. Selain itu kamu dapat mengetahuinya dengan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengab watak tokoh tersebut.

TUGAS

PROYEK KELAS HARI KE-2

Hari ini selain belajar materi di atas kita akan melanjutkan proyek kelas kita.

Dan kemarin kita sudah melakukan proyek kelas hari pertama, yaitu mengamati pedagang  keliling di sekitar rumah kalian dan keunikan daerah kalian.


Perintah proyek kelas, Rabu 10 Maret 2021


Hari ini amatilah kegiatan daerah lingkungan kalian !

Amati apakah orang yang tinggal dilingkungan kalian memiliki keberagaman ?

Jika iya, tulisakan apasaja keberagaman yang ada di tempat tinggalmu (kebergaman profesi apa saja /suku apa saja /agama apa saja / keberagaman lain yang ada/berbeda kesukaan/berbeda kegemaran ) !

Apakah perbedaan tersebut tetap membuat daerah lingkungan mu tetap saling menghargai ?

Jika iya, photo jenis kegiatan saling menghargai dan menghormati di daerah mu meski dalam keberagaman !

Contoh : jika ad

1. photo aku dan temanku bermain meski berbeda suku/warna kulit/agama/berbeda kesukaan dsb

2. Photo ibu2 senam dengan protokol kesehatan di daerahku meski berbeda suku/agama/pekerjaan dsb

3. Photo orang - orang bergotong royong meski dalam keberagaman

4. Membantu tetangga yang kesulitan meski berbeda suku/warna kulit/agama dsb

5. Saling membantu/memberi meski berbeda suku/warna kulit/agama dsb

Dan lain sebagainya

Photo bisa dikumpul hari ini atau diakhir proyek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar