Materi Pembelajaran Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas 4 SD


Senin, 27 Juli 2020

Materi Pembelajaran B. Indonesia Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas 4 SD

Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis

Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bosan menanti rombongan pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek Udin pun terlihat sabar menanti.

Gagasan pokok pada cerita di atas adalah Pawai Budaya sangat menarik.
Kalimat pokok pada cerita di atas adalah Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan.
Gagasan pendukung pada cerita di atas adalah Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia, Udin dan teman-teman menanti rombongan pawai di alun-alun.

Jadi Gagasan pokok terdapat dalam kalimat pokok dan biasanya ada di kalimat pertama setiap paragraf. Gagasan pendukung terdapat di kalimat kedua dan seterusnya setiap paragraf.

Materi Pembelajaran IPA Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas 4 SD

Kita harus bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa dengan dianugerahkannya indera telinga. Merawat telinga dan menggunakannya secara benar adalah bentuk dari rasa syukur tersebut.

Kita harus merwat telinga kita. Karena da beberapa orang yang tidak bisa mendengar atau mengalami gangguan pendengaran.

Proses bunyi sampai terdengan ketelinga
Beragam bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar.  Getaran tersebut menimbulkan gelombang bunyi di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.
Bunyi kemudian merambat melalui udara dan ditangkap oleh telinga kita. Getaran bunyi mengenai gendang telinga yang berupa selembar kulit tipis. Getaran dari gendang telinga menjadi lebih besar di telinga bagian tengah dan diubah menjadi pesan/ sinyal listrik di telinga bagian dalam. Sinyal tersebut kemudian diteruskan oleh saraf pendengaran menuju otak yang kemudian menterjemahkan jenis dari bunyi tersebut.

Indera Pendengar (Telinga)
Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah menciptakan bentuk tubuh yang paling sempurna. Salah satunya adalah kita diberi indera pendengar (telinga). Dengan menggunakan indra ini, kita bisa mendengar berbagai suara, seperti kicauan burung, suara air mengalir, dan musik. Apa saja bagian dan fungsi indera pendengar?
Hal apa yang perlu kita lakukan untuk merawatnya? Mari kita pelajari lebih jauh.

Sumber : BSE


Bagaimana telinga merasakan getaran?

Semua bunyi membuat udara bergetar. Getaran bunyi mengenai gendang telinga yang berupa selembar kulit tipis. Saat itulah gendang telingamu juga mulai bergetar. Getaran dari gendang telingamu menjadi lebih besar di telinga tengahmu dan diubah menjadi pesan-pesan listrik di telinga dalammu. Ada 3 bagian di dalam telinga yaitu telinga bagian luar, bagian tengah dan bagian dalam.

Materi Pembelajaran IPS Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas 4 SD

Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dengan agama yang berbeda, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Perbedaan agama bukan menjadi penghalang untuk tetap menjunjung persatuan dan kesatuan. Sikap saling menghargai dan bekerjasama antar pemeluk agamayang berbeda menjadi modal dasar untuk menjaga keutuhan NKRI.

Adapun agama di Indonesia antara lain : islam, kristen, hindu, budha dan konghucu

1Latihan !
.     1.  Gagasan pokok pada teks Pawai Budaya adalah….

2    2.  Mengapa kita harus merawat telinga kita ?

4    3. Telinga terbagi menjadi 3 bagian yaitu…

5    4. Apakah arti dari NKRI ?









Tidak ada komentar:

Posting Komentar