Materi Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 1

B. Indonesia*

Mengenal wujud benda padat, cair, dan gas. Apa yang terjadi jika benda tersebut di panaskan, didinginkan, dan di letakkan di udara terbuka? Apakah benda-benda itu mengalami perubahan? Benda dapat mengalami perubahan wujud jika benda tersebut di panaskan/didinginkan.perubahan wujud apakah yang terjadi? Perubahan wujud benda di alam tanda kebesaran tuhan. Marilah pelajari perubahan wujud di sekitarmu! Benda padat jika terkena panas akan mencair.peristiwa mencair tidak hanya terjadi pada es. Proses mencair juga terjadi pada benda-benda padat lainnya. Untuk memahami ini, lakukan percobaan berikut.
Bahan dan alat :
-empat gelas plastik bekas kemasan air mineral.
-es batu, coklat, kapur,dan mentega
Langkah-langkah percobaan
1.Masukkan setiap benda ke dalam gelas.
   Satu gelas diisi dengan satu benda.
2.letakkan gelas tersebut di ruangan terbuka. Ruangan yang terkena cahaya matahari langsung. Diamkan selama 15 menit. Coba perhatikan apa yang akan terjadi? Es mencair jika suhunya mencapai 0 derajat selsius,besi dapat di cairkan jika di panaskan sampai suhu 60 derajat selsius. Setiap benda mulai mencair pada suhu yang berbeda-beda.suhu dimana benda mulai mencair di sebut:titik leleh.
Contoh soal :
1.Apakah yang di maksud mencair?
2.pernahkah kamu melihat proses mencair     lainnya?
3.Berilah contoh proses mencair dalam kehidupan sehari - hari!

*Matematika*

Hari ini lani berulang tahun. Lani akan merayakan bersama teman-temannya.
Ibu membuatkan kue coklat untuk Lani.
Tes tertulis
-Tuliskan satuan baku yang di gunakan pada resep di atas! Satuan baku adalah satuan standar.
 -Satuan yang di gunakan pada resep ada yang tidak baku, dapatkah kamu menemukannya?
-Buah yang digunakan untuk menbuat es beraneka ragam. Perhatikan berat buah pada timbangan!

*SBdP*

Di negara-negara yang mengalami empat musim, saat musim dingin tiba akan turun salju. Salju akan mencair begitu ganti musim semi.dari gambar butiran salju terciptalah karya seni.untuk itu kamu harus menggabungkan garis, bentuk, dan warna. Dengan demikian hasilnya menjadi harmoni yang indah.
Contoh soal :
-Sebutkan garis, bentuk dan warna yang kamu amati pada gambar !
Unsur karya : garis, bentuk,warna.
Hasil pengamatan :
-Coba buat aneka bentuk garis! Kamu dapat mewarnai, sehingga indah hasilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar