Materi Pembelajaran Tema 4 subtema 1 Pembelajaran 4

Bahasa Indonesia*

 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.

Dapat menunjukkan ungkapan  atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat.

Kalimat saran adalah kalimat pendapat (usul atau anjuran) yang dikemukakan untuk dipertimbangkan.
Gunakanlah kata-kata sopan saat memberi saran, seperti seharusnya, sebaiknya, ada baiknya, atau lebih baik lagi.



Buku Tematik BSE Kemendikbud

Buku Tematik Terpadu

Tes Tertulis
Bacalah permasalahan berikut ini!
Berilah saran apa yang sebaiknya dilakukan!
Berdiskusilah dengan kelompokmu!
1. Ibuku selalu menyediakan makanan yang sehat dan bersih. Aku lebih suka jajan. Apa yang sebaiknya aku lakukan?
2. Setiap hari ibuku menyiapkan sarapan pagi. Aku sering terburu-buru dan tak sempat sarapan. Apa yang sebaiknya aku lakukan?
3. Ibu menyampaikan bahwa tanganku harus bersih ketika menyentuh makanan. Aku merasa itu tidak penting. Apa yang sebaiknya aku lakukan?
4.  Ayah selalu mengingatkanku agar berdoa sebelum dan sesudah makan. Aku sering kali tidak melakukannya. Apa yang sebaiknya aku lakukan?
5. Ayahku selalu berpesan agar aku menghabiskan makananku. Aku masih sering makan bersisa. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

*PPKn*
Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah

Dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan makanan dengan tepat.

Setiap malam, Udin dan keluarganya makan malam bersama. Udin berbahagia karena bisa makan malam bersama keluarganya. Usai makan malam, ia berpikir tentang kewajiban dan haknya berkaitan dengan makanan.

Berikut kewajiban dan hak tentang makanan.
1. Bersyukur atas semua makanan yang ada.
2. Mendapat makanan sehat dan bersih.
3. Makan makanan yang sudah disediakan.
4. Memilih makanan yang sehat.
5. Mendapat sarapan pagi sebelum ke sekolah.
6. Membaca doa sebelum dan sesudah makan.
7. Mendapat air minum yang bersih dan sehat.
8. Mengambil makanan secukupnya.
9. Mendapat makan siang yang sehat dan bersih.
10. Menghabiskan makanan yang sudah diambil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar