بسم الله الرحمن الرحيم
Kelas : IV
Hari / tanggal : Kamis, 22 April 2021
Tema : Kayanya Negriku
Subtema : Kekayaan Sumber energi di Indonesia
Pembelajaran : 3 dan 4
Muatan Pembelajaran : IPA, B.INDONESIA, PPKN
- IPA
Menjelaskan Manfaat Energi Matahari bagi Kehidupan
Pada pembelajaran sebelumnya, kita mengetahui bahwa di alam terdapat sumber energi yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. Sumber energi yang dapat diperbarui merupakan sumber energi yang tidak akan habis walau digunakan secara terus menerus. Sumber energi yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber energi yang akan habis jika digunakan terus menerus.
Perhatikan nama-nama sumber energi berikut! Diskusikan dengan teman sebelahmu apa saja yang termasuk sumber energi dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui!
- Bahasa Indonesia
Menjelaskan Hal-Hal yang perlu diperhatikan Saat Wawancara
Pada pelajaran sebelumnya, kita telah mengetahui Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan wawancara. Saat melakukan wawancara dengan seseorang narasumber, kita juga perlu memperhatikan sikap. Misalnya, menggunakan Bahasa baku, santun, menggunakan pertanyaan singkat dan mudah di pahami, serta tidak menyela pembicaraan. Selain itu saat kita memilih narasumber harus sesuai dengan bidang keahlian. Jika wawancara yang dilakukan adalah tentang pemanfaatan sumber energi di bidang pertanian, maka narasumber yang dapat ditemui adalah petani.
1.
- PPKn
Menyebutkan Hak dan Kewajiban terhadap Sumber Energi
Kita tentu sudah mengetahui bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sumber energi. Salah satu sumber energi tersebut adalah laut. Indonesia memiliki wilayah yang sebagaian besar terdiri atas laut. Banyak hal yang dapat dimanfaatkan dari laut, misalnya membangkitkan listrik, sumber garam, sumber makanan dan tempat penelitian. Semua warga negara Indonesia berhak menikmati sumber energi laut.
- Bahasa Indonesia
Menjelaskan Tugas Wartawan
Wartawan merupakan jenis pekerjaan yang bertugas untuk mencari dan Menyusun berita untuk dimuat dalam surat kabar, majalah, radio, dan televisi. Wartawan disebut juga juru warta. Wawancara membawa alat perekam dan alat pengeras suara.
Berikut adalah tahapan wartawan dalam mencari informasi.
§ Sebelum wawancara :
§ Wartawan menghubungi narasumber dan membuat agenda
§ Wartawan membuat daftar pertanyaan
§ Juru kamera menyiapkan peralatan yang di butuhkan
§ Saat wawancara
§ Wartawan memperkenalkan diri dan mengemukakan maksud dan tujuan
§ Wartawan mengajukan pertanyaan sesuai yang di rancang
§ Wartawan mencatat semua informasi yang diberikan oleh narasumber
§ Juru kamera merekam gambar narasumber untuk dokumentasi
§ Setelah wawancara
§ Wartawan merangkum informasi yang telah diberikan oleh narasumber
§ Saat membuat berita wartawan harus menulis berita sesuai informasi
Setelah Kalian Baca Pembelajaran Diatas, Jawab Pertanyaan Dibawah ini menggunakan Voice Not!
1. Jelaskan Manfaat Energi Matahari Dalam Kehidupan Sehari-hari !
2. Apa Hak dan Kewajiban Kalian Terhadap Sumber Energi?Sebutkan!
Jawaban Bu guru tunggu sampai pukul 13.00 yaa!!! Selamat mengerjakan 😊
Terima kasih mama dan bunda yang sabar selalu mendampingi pembelajaran daring.
Semoga anak - kita menjadi anak yang soleh dan soleha Aamiin... 🤲🏻🙏Waalaikumsallam wr. wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar