Penyebab Sepele Mengapa Pengunjung Blog Sepi Pengunjung ?

Pengunjung bagi blogger ibarat customer atau pelanggang berharga. Tanpa adanya pengunjung blog, blog bagaikan raga yang tak bernyawa. Rasanya seluruhnya akan dikerahkan demi mendapatkan banyak pengunjung mulai dari belajar SEO, cari tutorial, optimasi keyword sampai begadang menulis artikel terbaik. Ketika semuanya itu dilakukan tentu saja harapannya adalah mendapat pengunjung blog yang ramai.

Pengunjung Blog Sepi Bahkan Menurun ?
Rasanya akan sangat frustasi melihat angka statistik yang tidak beranjak naik. Semua cara telah dilakukan tapi mengapa masih saja pengunjung blog sepi ? Semua ini berawal dari pengalaman yang saya dapatkan. Awalnya pengunjung blog saya masih di atas 100 pengunjung/hari namun setelah menulis beberapa konten baru pengunjungnya justru menurun menjadi 50 pengunjung/hari. Sempat mencari beberapa penyebab dan solusinya di mesin pencari, dan mencoba membuat artikel baru lagi malah pengunjungnya kembali menurun menjadi 20 pengunjung/hari.
Lantas apa yang salah dari blog saya ?

Penyebab Sepele Mengapa Pengunjung Blog Sepi Pengunjung ?
Ternyata banyak yang tidak diketahui oleh para blogger termasuk saya. Banyak cara yang dilakukan oleh blogger untuk menaikan trafik justru malah membuat sepi pengunjung. Optimasi berlebihan tanpa adanya pengetahuan menyebabkan blog anda tidak sehat. Salah satu penyebab yang amat sepele adalah sering mengganti judul artikel yang telah dipublish. Judul artikel memang sangatlah penting. Judul artikel yang menarik tentu saja membuat pengunjung blog berdatangan. Riset tentang judul yang menarik sering dilakukan oleh para blogger. Namun sayangnya para blogger melakukan kesalahan yaitu terlebih dahulu mempublish judul artikel, lalu menggantinya jika dirasa kurang SEO friendly. Tahukah anda bahwa sering mengganti judul yang telah dipublish berakibat fatal bagi blog anda. Google mengindex judul yang pertama kali dibuat, akibat pergantian judul yang anda membuat google membutuhkan waktu kembali untuk mengindexnya dimesin pencari. Ada beberapa kasus malah artikel tidak terindek sama sekali.

Bagaimana Cara Agar Pengunjung Blog Kembali Ramai
Memang butuh waktu yang lama untuk keluar dari masalah ini. Apalagi setelah struktur data blog anda tidak sehat akibat sering mengganti judul artikel blog yang telah dipublish. Namun jangan khawatir bukan berarti tidak bisa kembali normal atau malah bahkan bisa lebih ramai. Yang perlu anda lakukan adalah terus membuat Artikel. Artikel ibarat makanan bagi blog, makin sering memberi makan maka blog anda akan sehat. Namun artikel yang bagaimana yang harus dibuat ? Tentu saja tidak sembarang artikel, artikel yang asal apalagi copy paste justru memperburuk keadaan blog anda. Buatlah artikel yang baik yang orisinil, dengan minimal 200 kata. Saat membuat Artikel baru terlebih dahulu riset keyword jangan buru-buru untuk mempublish jika dirasa judul artikel blog kurang SEO friendly. Perhatikan permalink  karena permalink juga berpengaruh SEO blog. Usahakan judul artikel sama dengan permalink. pilik costum pada permalink untuk mengedit url artikel. jika sudah dipublish tidak akan bisa mengganti permalink lagi. Dengan begitu google akan tertarik untuk mengindek kembali artikel anda dan blog andapun akan kembali ramai.

Selain dari itu anda juga bisa memperbaiki error crawl pada google web master tool. Mengindex kembali blog atau artikel anda dengan menggunakan tool tersebut. Dan terakhir adalah bersabar dan berdoa. ya tentu saja karena blog dan semuanya adalah milik Alloh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar