Wajan Raksasa Purbakala Ditemukan di Kutoartjo Jawa Tengah

Minggu (1/5), ditemukan sebuah wajan raksasa di sebuah lahan rumah milik Widodo yang ditemukan oleh seorang pekerja bangunan Pawit. Kejadian itu berawal ketika Widodo menyuruh pekerjanya membuat pondasi. Pada kedalaman 2 meter tiba-tiba cangkul salah satu pekerja bangunan mengenai benda keras, awalnya Pawit pekerja bangunan yang menemukan benda tersebut mengira cangkulnya mengenai batu atau pipa saluran air, namun setelah digali ternyata benda keras tersebut adalah wajan raksasa.

Gambar Wajan Raksasa saat ditemukan


Wajan raksasa tersebut belum diketahui asal-usulnya dan apa kegunaannya, hal ini akan diselidiki lebih lanjut oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya(BPCB) Jateng namun diperkirakan bahwa wajan purbakala tersebut ada sejak tahun 1800 an, dengan berat diperkirakan 1 ton dengan diameter 270 cm.
Menurut Widodo wajan raksasa tersebut sempat ditawar oleh seorang kolektor dengan harga 1 M, namun oleh Widodo penemuan wajan raksasa ini diserahkan ke Cagar Budaya setempat.

Pemerintah setempat pun akhirnya memindahkan wajan purbakala tersebut dari tempat ditemukannya di Jl. MT Haryono, Kutoarjo, Purwokerko ke Museum. Namun sayang benda purbakala yang bernilai sangat tinggi tersebut akhirnya tidak bisa dipindahkan secara utuh, karena pecah saat proses pemindahan. Pecahnya Wajan raksasa tersebut terjadi karena seling baja pengikatnya lepas pada katrol saat diangkat sehingga terjatuh, selain itu banyaknya warga yang ingin berselfi ria mengakibatkan pinggiran wajan retak diperkirakan setengah meter. karena peristiwa tersebut setelah dipindahkan ke museum wajan diberi garis polisi agar menjaga benda purbakala tersebut dari warga yang ingin berselfee

Gambar Wajan Yang Pecah setelah dipendahkan ke museum




Tidak ada komentar:

Posting Komentar