Menentukan Pecahan senilai serta Membandingkan dan Mengurutkan Pecahan Matematika Kelas 4 SD

JUMAT, 23 Juli 2021

Matri Ajar Matematika

Bab. Pecahan 




Selamat Pagi, Anak sholeh dan sholehah. Sehat selalu ya. Seperti biasa lakukan dulu kegiatan 
2 murojaah, mendengarkan tausiah, dan sholat dhuha terlebih dahulu.

Isi absen dan jurnal kegiatan ibadah sebagai berikut :


Selanjutnya kita akan mulai belajar. Namun anak - anak perlu berdoa dulu secara mandiri dirumah. Minggu lalu kita sudah belajar tentang konsep pecahan. Sealnjutnya kita akan mencari tahu tentang pecahan senilai dan membandingkan pecahan adapun tujuan  pembelajaran hari ini adalah :


Tujuan pembelajaran :


1. Dengan mengamati video peserta didik dapat menentukan  pecahan senilai dengan tepat

2. Dengan video peserta didi dapat membandingkan pecahan.


A. Menentukan Pecahan Senilai


Pecahan senilai adalah pecahan-pecahan yang bernilai sama. Untuk lebih paham silahkan simak video berikut ini !

Video Penjelasan Pecahan senilai



Ada beberapa cara untuk menentukan pecahan senilai diantaranya yaitu :
1. Menentukan pecahan senilai dengan menggunakan gambar

Perhatikan gambar berikut.
 
Daerah persegi panjang pada gambar di atas dibagi menjadi beberapa bagian yang sama. Bilangan di bawah masing-masing gambar menunjukkan luas daerah yang diarsir.
Karena luas daerah yang diarsir pada masing-masing gambar tersebut sama, maka pecahan 
bernilai sama, dan disebut pecahan-pecahan senilai.

2. Menentukan pecahan senilai dengan membagi atau mengalikan pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama
  • Cara dikali dengan bilangan yang sama

Berdasarkan contoh di atas dapat dikatakan bahwa pecahan yang senilai dapat  diperoleh, jika pembilang dan penyebut dari suatu pecahan dikalikan dengan bilangan yang sama. 
Berdasarkan contoh di atas pecahan yang senilai 1/2 adalah 2/4, 3/6, 4/8 dan 6/12

  • cara dibagi dengen bilangan yang sama
Contoh :
3. Menentukan pecahan senilai dengan menyederhanakan pecahan
Cara menentukan pecahan senilai selanjutnya yaitu dengan menyederhanakan bentuk pecahan. menyederhanakan dengan cara membagi terus menerus pecahan, sehingga tidak bisa dibagi lagi kecuali dengan angka satu.


Contoh Pembahasan
Sederhanakanlah pecahan berikut ini 60/75
Penyelesaian:
Proses pembagian pertama (Bilangan 60 dan 75 dibagi dengan 5)
Proses pembagian kedua (Bilangan 12 dan 15 dibagi 3)
Jadi, bentuk sederhana dari 60/75 adalah 4/5.



B. Membandingkan Pecahan
Pecahan bisa dibandingkan mana yang lebih besar mana yang lebih kecil atau mengurutkannya. Berikut cara membandingkan pecahan :

1. Membandingkan pecahan yang penyebutnya sama
Contoh :
Mana yang lebih besar 1/3 atau 2/3 ?
Penjelasan sebagai berikut :
K
Karena penyebutnya sama (atau bilangan bawah) sama maka pembilangnya (atau bilngan atas ) yang dibandingkan 
2. Membandingkan pecahan yang penyebutnya berbeda
Contoh :
Berilah tanda <,> atau = pada bilangan berikut !
 

Berikut video penjelasan cara membandingkan pecahan :




C. MENGURUTKAN PECAHAN 

1. Mengurutkan pecahan yang penyebutnya sama
Contoh : 
Urutkan pecahan berikut dari besar ke kecil : 3/8  ;  6/8  ;  5/8  ;  7/8  ;  4/8

 mengurutkan pecahan dimana seluruh pecahan yang akan diurutkan memiliki angka penyebut (angka yang bawah)  sama
Caranya…
a) Pastikan seluruh pecahan memiliki angka penyebut (angka yang bawah) yang sama.
Pada soal mengurutkan pecahan di atas seluruh pecahan memiliki angka penyebut yang sama, yaitu “8”.
b) Perhatikan perintah soal, mengurutkan pecahan dari yang terbesar ke yang terkecil atau mengurutkan pecahan dari yang terkecil ke yang terbesar
c) Pada soal meminta untuk mengurutkan pecahan dari yang terbesar ke yang terkecil
Kita tinggal mengurutkan angka pembilang (angka yang di atas) pada masing-masing pecahan, urutannya 7, 6, 5, 4, dan 3.
d) Maka kita dapatkan urutan pecahan dari yang terbesar ke yang terkecil adalah :

2. MENGURUTKAN PECAHAN YANG PENYEBUTNYA BERBEDA

Contoh: 
Urutkanlah bilangan 3/4, 1/6, 2/3 dari urutan yang terbesar !
Jawab :
Cara :
Samakan penyebut terbih dahulu sebagai berikut :
Berikut penjelasan tentang mengurutkan pecahan pada video di bawah ini video : 


Untuk mencoba sejauh mana pemahamanmu silahkan kerjakan latihan berikut !




Kirim jawaban secara japri puku 13.00 dan photo kegiatan ibadah ya !



4 komentar:

  1. Assalamu'alaikum

    Azril Kautsar Al Ghifary
    Kelas 4A
    Hadir.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum


    Nama: kareninna m Ayudy
    Kls:4A
    SD Al Azhar:2 bandar Lampung
    Umur:9 tahun
    Nama panggilan:Karin

    Saya hadir Bu 🙋🏻‍♀️🙏🏻

    BalasHapus
  3. M. Putra Wahana Ramadhan kls 4A (hadir)

    BalasHapus